Serang (Antara News) - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menyelenggarakan kegiatan pasar murah bagian dari program BUMN Peduli yang dijalankan Kementerian BUMN berbarengan dengan program sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" (CSR).

"Untuk program pasar murah kami menyediakan 4.200 paket sembako yang diselenggarakan di delapan kecamatan kota Cilegon Banten," kata Direktur SDM dan Pengembangan Bisnis, Imam Purwanto di Cilegon, Jumat.

Berdasarkan pantauan Antara masyarakat sangat antusias dengan kegiatan pasar murah yang diselenggarakan PT Krakatau Steel dapat dilihat dari antrian di halaman Masjid As Salam perumahan Krakatau Steel.

"Hal ini karena satu paket sembako yang harga di pasar seharusnya Rp150.000 dijual dengan harga Rp25.000. Untuk itu pendistribusian kupon pembelian sembako berkerjasama dengan Kelurahan terutama untuk memastikan pembeli merupakan rumah tangga sasaran (RTS).

Imam mengatakan sesuai amanat yang disampaikan Kementerian BUMN, BUMN Peduli terbagi dalam tiga kegiatan yakni pasar murah, siswa mengenal nusantara, dan bedah rumah.

"Untuk siswa mengenal nusantara telah diberangkatkan sebanyak 20 siswa SMA/ SMK ke Kalimantan Timur. Sebelumnya mereka kami seleksi berdasarkan prestasi akademik dan non akademik," kata Imam.

Sedangkan untuk bedah rumah, KS berkerjasama dengan Korem Maulana Yusuf, PT Jiwasraya, dan PT Adhi Karya untuk memperbaiki rumah veteran yang besarannya Rp25 juta per unit. Dilibatkannya Korem untuk memastikan program bedah rumah akan tepat sasaran, jelas Imam.

Kemudian untuk program CSR, jelas Imam meliputi santunan anak yatim piatu sebanyak 1.250 paket, pemberian paket sebako kepada pengemudi becak dan ojek, pemberian beras di 43 kelurahan di Cilegon 15,05 ton, bedah rumah 8 warga di kota Cilegon, zakat fitrah kepada karyawan senilai Rp435,9 juta, 900 paket lebaran, dan beberapa lainnya.

Seluruh kegiatan yang dilakukan untuk program CSR menggunakan dana PKBL terutama untuk program Bina Lingkungan, jelas Imam.

KS sendiri mencetak kinerja penjualan positif untuk triwulan I 2016 mengalami kenaikan 32 persen, begitu juga dengan kinerja laba/ rugi yang semulai negatif sudah positif sesuai Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP), sedangkan untuk pekerjaan segera diresmikan heating up coke oven plant (COP) pada 2016 bagian dari pembangunan pabrik blast furnance.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016