Jakarta (Antara News) - Peralatan kantor berperan sangat penting guna memperlancar aktivitas kantor, baik itu di instansi pemerintahan ataupun swasta, apabila di dalam sebuah instansi kekurangan peralatan kantor, maka aktivitas serta kegiatan kantor akan terganggu.
   
Peralatan kantor bisa didefinisikan sebagai barang yang bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang relatif lama serta mengalami penyusutan. Peralatan kantor identik dengan benda yang mempunyai ukuran besar, membutuhkan perawatan khusus, dan harganya yang mahal, namun tidak semua harga peralatan kantor mahal. The Liang Gie (1992) mengatakan bahwa perlengkapan kantor dapat berupa peralatan kantor, perabot kantor, hiasan kantor, dan persediaan kantor.

Setiap kantor membutuhkan peralatan kantor yang berbeda-beda, peralatan kantor yang dibutuhkan disesuaikan dengan jenis usahanya masing-masing, walaupun terdapat beberapa peralatan kantor yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Beberapa contoh dari peralatan kantor yang mesti dimiliki oleh setiap perusahaan antara lain meja, kursi, lemari arsip, mesin printer, komputer dan lainnya. 

Bagi Anda yang ingin membeli aneka perlengkapan kantor, sebaiknya kunjungi saja Ralali.com. Di Ralali.com jual peralatan kantor sangat lengkap dan berkualitas terbaik dengan pilihan jenis dan merek ternama. Harga perlengkapan kantor di Ralali.com sangat terjangkau.

Mengapa alat tersebut wajib dimiliki siap kantor? Bayangkan saja apabila sebuah kantor tidak mempunyai peralatan tersebut, tentu tidak akan berjalan.

1. Meja dan kursi
Yang dimaksud dengan meja dan kursi di sini yaitu meja dan kursi yang dipergunakan oleh pemimpin serta para karyawan guna melakukan operasional perkantoran. Kantor yang baik, tidak hanya memiliki meja dan kursi untuk kegiatan operasional saja, namun juga menyediakan kursi dan meja untuk tamu. Meja dan kursi tamu akan memberi kenyamanan dan kesan yang baik kepada para tamu.

2. Lemari Arsip
Di setiap perkantoran tentunya memiliki arsip meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, jika surat-surat tersebut hanya disimpan di dalam map di atas meja ataupun di dalam laci saja, tentunya akan mengalami kerusakan dan merusak penampilan ruangan. Kita semua tahu bahwa kertas adalah sebuah benda yang mudah rusak dan lapuk. 

3. Komputer dan Printer
Seiring dengan perkembangan zaman, bermacam peralatan teknologi canggih banyak ditemukan. Sesuai dengan tujuannya, bermacam peralatan canggih tersebut diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah komputer.

Komputer adalah peralatan elektronik yang tidak hanya memiliki kemampuan untuk pengetikan, mengolah data seperti perhitungan, membuat tabel dan grafik, membuat gambar, design, dan lainnya, namun komputer pun memiliki fungsi pengarsipan guna mengamankan bermacam dokumen. Sehingga dengan adanya komputer ini bisa dilakukan penghematan serta pengefisienan bermacam aktivitas perkantoran.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016