Tim SAR gabungan berhasil melakukan evakuasi 151 penumpang KM Sakura Express yang mengalami kandas di perairan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Kamis (14/7)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung I Made Oka Astawa dalam keterangannya yang diterima di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan evakuasi dilakukan dengan memindahkan penumpang dari KM Sakura Ekspress ke KN SAR Karna.

Oka menjelaskan sebanyak 151 penumpang yang terdiri dari 116 penumpang dewasa, tujuh anak-anak dan 28 crew berhasil dievakuasi dan sandar di dermaga penumpang Pelindo Pangkal Balam pada Jumat dini hari pukul 00.10 WIB.

Baca juga: ASDP pastikan jaga keselamatan operasi perusahaan

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Basarnas Bangka Belitung, Polairud Polda Kepulauan Babel, KSOP Pangkal Balam, KPLP Tanjung Priok,KKP Pangkalpinang, Agen PT BMNL dan Pelindo Pangkal Balam berhasil mengevakuasi korban KM Sakura Express yang mengalami kandas di 2° 8.515'S 106° 13.812'T.

Sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi pada Kamis (13/7) pukul 20.03 WIB, jika ada kapal roro yang kandas dan mati mesin.

Kemudian Nakhoda KM Sakura Express yang memiliki rute Tanjung Priuk, Jakarta, menuju Pangkalbalam menghubungi perusahaan BMNL dan perusahaan BMNL melaporkan ke Kansar Pangkalpinang untuk meminta bantuan evakuasi. Tim SAR langsung bergerak melakukan evakuasi.

Baca juga: Bupati Ratu Tatu apresiasi ormas jalankan konsep pemberdayaan masyarakat
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim SAR berhasil evakuasi 151 penumpang kapal kandas di Pangkalpinang

Pewarta: Joko Susilo

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023