Oleh Ganet Dirgantoro

Jakarta (Antara News) - Ahli kesehatan dr. Nugroho Budi Utomo, SpU mengatakan penggunaan popok dewasa dapat menjadi solusi dalam melakukan perjalanan jauh, apalagi kalau diketahui disepanjang rute perjalanan ternyata jarang terdapat toilet umum.

"Seperti saat mudik menggunakan mobil atau sepeda motor ternyata jalan macet dan sulit untuk meminggirkan kendaraan, bagi wanita tentu sulit untuk mencari toilet umum, solusinya menggunakan popok dewasa," kata Nugroho di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan terlalu lama menahan buang air kecil tentunya tidak bagus bagi kesehatan, apalagi sengaja tidak minum sepanjang perjalanan itu juga bukan solusi yang benar.

Apalagi di Indonesia 13 persen dari masyarakatnya mengalami inkontensia atau tidak mampu menahan buang air kecil, sehingga disaat harus menempuh perjalanan jauh tentunya sangat menyiksa, apalagi kalau tidak ada toilet, ujar Nugroho.

Penyebabnya ada beberapa diantaranya ibu yang melahirkan normal lebih dari empat anak, gangguan prostat, kegemukan, menopause, serta orang yang sudah berusia lanjut, jelas Nugroho.

Nugroho mengatakan saat ini sudah banyak dijual popok berbentuk celana untuk melakukan berbagai aktivitas, sehingga kalau disebut popok dewasa untuk orang sakit itu merupakan anggapan keliru.

Justru di beberapa negara yang sangat sibuk, masyarakatnya tidak sungkan menggunakan popok dewasa saat berkerja, agar dirinya tidak perlu bolak-balik ke toilet, sedangkan di Indonesia penggunaan popok dapat menjadi solusi saat melakukan perjalan jauh, jelas dia.

Menurut Nugroho saat ini banyak ragam popok yang ditawarkan, tetapi dia menyarankan agar menggunakan produk yang sudah ada label dari Kementerian Kesehatan, telah teruji klinis, menggunakan bahan yang nyaman dan berkualitas, memiliki kemampuan menyerap besar, dan harus mengganti maksimal satu hari.

"Keliru dalam memilih popok justru akan membuat kulit ruam bahkan dapat mengakibatkan infeksi kulit," jelas dia.

Nugroho mengatakan bagi penderita inkontensia tidak perlu khawatir karena bisa diobati, serta untuk pencegahannya dapat melakukan olah raga secara teratur sesuai usia, menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi asupan yang mengandung gula atau kolesterol.

Lebih jauh Marketing Manager Confidence, Nirma Sofiawati mengatakan Confidence Diapers telah mengeluarkan tiga inovasi untuk memberikan rasa nyaman bagi penggunanya yakni bahan lebih lembut, menggunakan sari lidah buaya (aloe vera) untuk menghindarkan iritasi, serta daya serap sangat cepat untuk menjaga permukaan tetap kering.

Nirma mengatakan Confidence juga telah diuji secara klinis oleh Australian Dermatologist sebagai popok dewasa yang aman bagi kulit sensitif, serta dapat dipergunakan pada jenis kulit apapun.

Nirma juga menambahkan bagi mereka yang aktif pihaknya menyediakan popok celana yang praktis dan pas di tubuh sehingga tidak terlihat dari luar, pihaknya juga menyediakan popok berperekat yang dipergunakan untuk mereka yang sedang sakit.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016