Tangerang (Antara News) - Universitas Budi Luhur Jakarta melakukan kunjungan balasan ke tiga lembaga pendidikan di Jepang untuk mempererat kerjasama.  

Delegasi dipimpin Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro dan diikuti oleh tiga anggota lain yaitu Sunten Z Manurung, Takadono Yoshihiro dan Liza Dwi Ratna Dewi.

Pada tanggal 25 Mei 2016, delegasi Universitas Budi Luhur mengunjungi  Kanda University of International Studies (KUIS) di wilayah Chiba. 

Dalam kunjungan balasan ini, delegasi Universitas Budi Luhur diterima Profesor Yaginuma, Wakil rektor Kanda University untuk membahas kerjasama selanjutnya. 

Pada kunjungan balasan ini, juga dilakukan campus  tour yang dipimpin Profesor Funada selaku dosen bahasa Indonesia Kanda University yang juga ketua sarjana bahasa Indonesia seluruh Jepang. 

Universitas Kanda pernah mengirim 19 mahasiswanya pada tahun 2014 untuk melakukan pertukaran Budaya dengan mahasiswa Budi Luhur.

Pada tanggal 26 Mei 2016, delegasi Universitas Budi Luhur mengunjungi  Kanda Institute of Foreign Languange (KIFL) di kota Tokyo untuk menjalin keakraban. 

Kanda Institute ini sejak tahun 2014 rutin mengirim mahasiswanya belajar bahasa Indonesia ke Universitas Budi Luhur selama 1 semester. 

Acara Campus Tour di lembaga ini dipimpin Kasuya sebagai President KIFL.  Untuk menghormati delegasi Universitas Budi Luhur, Motoyasu Sano sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Sano yang membawahi semua lembaga pendidikan Kanda, berkenan mengadakan  jamuan makan malam.  

Lembaga pendidikan yang  menjadi  tujuan ketiga adalah Meiji University, di Nakano, wilayah pinggir kota Tokyo. Di sini delegasi Universitas Budi Luhur diterima oleh Yokota, Dekan School of Global Japanese Studies (SGJS) dan Kobayashi Deputy Director International Student Center. 

SGJS Meiji University telah sepakat untuk bekerjasama dengan Universitas Budi Luhur dalam penyelenggaraan Kuliah Kerja Praktek  yang disebut Volunteer Abroad di Indonesia.         Volunteer Abroad dilaksanakan pada liburan musim panas setiap tahunnya. Kerjasama dengan berbagai  lembaga pendidikan di luar negeri, merupakan upaya Universitas Budi  Luhur untuk  menciptakan suasana pergaulan global di dalam kampus.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016