Serang (Antara News) - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Banten akan menggelar pameran buku atau 'Banten Book Fair' 2016, dalam rangka menarik minat baca masyarakat sekaligus mengurangi angka buta aksara di Provinsi Banten.

Kepala BPAD Banten Andi Fatmawati mengatakan Banten Book Fair 2016 akan digelar mulai 17 sampai 23 Mei 2016 di halaman Kantor Perpustakaan Banten. Kegiatan tersebut akan diikuti sekitar 25 penerbit ternama baik skala nasional, maupun dari sejumlah penerbit lokal di Banten.

"Book Fair yang berlangsung pada tanggal 17-23 Mei 2016 ini akan di ikuti oleh 25 penerbit terkenal, seperti Mizan, Gramedia, Republika, Kelompok Agromedia, Erlangga, Rumah Dunia, dan penerbit lokal lainnya," kata Andi.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan event perdana di BPAD Banten. Dengan adanya pameran buku murah ini, masyarakat dapat memilih buku-buku variatif yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau.

"Buku-buku yang disediakan mulai dari buku-buku anak, remaja, umum, penunjang pendidikan dan perkuliahan," katanya.

Andi mengatakan pameran buku yang mengambil tema "Banten Book Fair sebagai Sarana Edukasi, Informasi dan Rekreasi menuju Banten Gemar Membaca", juga sebagai salah satu cara untuk mendorong terwujudnya salah satu program Menteri Pendidikan Anies Baswedan, yang berharap masyarakat Indonesia dapat membaca minimal 15 menit setiap harinya.

"Kegiatan ini juga sebagai perwujudan fungsi perpustakaan sebagai fungsi edukasi, informasi dan rekreasi yang mendidik. Selain itu, kegiatan ini diharapkan agar minat budaya baca semakin meningkat," kata Andi.

Kepala Bidang (Kabid) Deposit BPAD Banten Rosmawati mengataka, selain pameran buku, kegiatan ini juga akan menghadirkan duta baca nasional, Najwa Shihab, Ketua KPAI Aris Merdeka Sirait, Penulis Habiburrahman El-Shirazy yang akan mengajak warga gemar membaca dan mengunjungi perpustakaan sebagai gudangnya ilmu pengetahuan.

"Kami juga membuka "Bengkel Penulisan" untuk siswa SMA sederajat dan mahasiswa, serta program 'Share Book' dan wakaf buku sebagai upaya pengembangan koleksi perpustakaan Banten. Banten Book Fair diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Buku Nasional," kata Rosmawati.

Kegiatan lainnya dalam rangkaian 'Banten Book Fair 2016 yakni bedah buku 'Bai'at Cinta di Tanah Baduy karya Uten Sutendi. Berbagai lomba edukasi seperti menulis, mewarnai, menggambar mulai tingkat TK, SD, SMP, sampai Perguruan Tinggi.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016