Tangerang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengajak para pelaku usaha swasta, multinasional, BUMN/BUMD, gerakan koperasi dan UMKM, membangun kerja sama dalam bentuk promosi kemitraan guna meningkatkan pangsa pasar dan daya saing.

"Untuk meningkatkan pangsa pasar dan daya saing Koperasi dan UMKM, perlu dilakukan terobosan-terobosan, seperti promosi kemitraan dunia usaha dan intermediasi perbankan seperti ini," kata Rano Karno  saat  membuka kegiatan Promosi Kemitraan Dunia Usaha dan Intermediasi Perbankan bagi Pengembangan Koperasi dan UMKM Banten, di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM terus berupaya meningkatkan pangsa pasar hasil produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Banten, diantaranya melalui Promosi Kemitraan Dunia Usaha dan Intermediasi Perbankan .

Rano berharap para pelaku usaha BUMN/BUMD, perusahaan swasta multi nasional, gerakan koperasi dan pelaku usaha mikro dan kecil, dapat saling bekerja sama dalam bentuk kemitraan.

Selain itu, kata dia, super market-super market yang ada di Banten terutama di Wilayah Tangerang seperti Metropolis, Aeon , Nustra dan seluruh hotel yang ada di Banten, dapat memfasilitasi ruang untuk tempat promosi bagi koperasi dan UMK.

"Perusahaan-perusahaan besar bisa menggandeng Koperasi dan UMKM, untuk memberikan kesempatan mempromosikan dan menjual produknya seperti di Mall-mall yang besar," katanya.

Gubernur Banten mengatakan, kegiatan yang digagas Dinas Koperasi dan UMKM Banten ini, merupakan salah satu terobosan yang dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan pangsa pasar dan daya saing UMKM di Banten.

Ia mengatakan, sampai saat ini tercatat jumlah UMKM di Banten sebanyak 984.118 unit usaha dan koperasi sebanyak 6.227 unit koperasi.

"UMKM dan Koperasi memegang peranan penting dalam perekonomian daerah khususnya di Banten," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Nurhana mengatakan melalui kegiatan tersebut Dinas Koperasi dan UMKM melakukan beberapa MoU diantaranya kerja sama dengan Mall Metropolis untuk memfasilitasi 60 persen pelaku-pelaku UMKM, untuk melakukan promosi dan pemasaran di mall tersebut.

Melalui kerja sama yang dibangun, pihak mall akan memberikan tempat secara gratis sampai bulan Desember tahun 2016 serta beberapa kerja sama lainnya dalam menggandeng koperasi dan UMKM.

"Dengan dibukanya beberapa sentra produk UKM Provinsi Banten di Mall, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada UMKM di Banten untuk  mempromosikan peoduknya serta meningkatkan daya saing," kata Nurhana.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016