Minat pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Merak pada libur panjang lebaran Idul Adha 2023 mengalami peningkatan dibanding hari biasa.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Suharto, Sabtu mengatakan, dari traffic pengguna jasa penumpang dengan kendaraan berdasarkan data penumpang yang tercatat di ASDP Merak, jika di hari biasa rata-rata kendaraan yang menyeberang hanya sebanyak 7.000 unit kendaraan per harinya, pada libur panjang Idul Adha tahun ini tercatat mengalami kenaikan rata-rata 9.000 unit kendaraan per harinya sekitar 30 persen. 

Sementara untuk jumlah penumpang, baik dari pejalan kaki maupun penumpang dalam kendaraan, jika hari biasa rata-rata sekitar sebanyak 24 ribu orang penumpang per harinya, kini tercatat ada kenaikan rata-rata sebanyak 39 ribu orang penumpang per harinya atau naik sebesar 40 persen.

"Jadi untuk libur panjang lebaran Idul Adha tahun ini, kalau dilihat dari rata-rata harian, pada kendaraan itu naiknya hingga 30 persen tapi kalau untuk penumpang nya rata-rata hariannya itu di angka 40 persen," jelas Suharto.

Pihak ASDP juga menyiapkan ruang-ruang parkir yang ada di pelabuhan untuk difungsikan seluruhnya. Pihaknya membuat flow seperti pada penanganan kepadatan kendaraan pada musim angkutan mudik lebaran lalu.

Sehingga ruang-ruang parkir yang ada di Pelabuhan bisa berfungsi maksimal. Hal ini mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, yang secara tiba-tiba datang untuk menyeberang.

"Karena animo masyarakat yang menyeberang ini tinggi. Kita juga siapkan kantong-kantong parkir yang ada untuk dioptimalkan, untuk membuat flow-flow mengantisipasi adanya lonjakan kepadatan kendaraan karena banyak penumpang yang tiba-tiba akan menyeberang. Karena kan mereka yang masuk harus sudah memiliki tiket. Tapi kalau mereka yang memiliki tiket tentu kita langsung arahkan ke jalur antrean menuju dermaga. Areal parkir dengan kapasitas sebanyak 5.349 unit kendaraan kecil," kata Suharto.

Adapun untuk jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni tercatat sejak 1 Juni lalu total ada sebanyak 906.874 orang penumpang pejalan kaki dan penumpang dalam kendaraan, serta sebanyak 220.729 unit kendaraan yang telah diseberangkan, di mana 99.687 unit diantaranya merupakan kendaraan pribadi.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023