Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan menyembelih sendiri hewan kurban yang dilakukan di Masjid Al I'ithisom, Puspemkot Tangsel, Kamis, usai melaksanakan Shalat Idul Adha.

"Alhamdulillah, hari ini, saya bisa menyembelih sendiri dan mendoakan semoga ini berkah untuk semuanya," kata Wakil Wali Kota Pilar di Tangerang Kamis.

Dijelaskannya, kegiatan menyembelih hewan kurban secara langsung selalu dilakukan tiap tahunnya. "Saya usahakan tiap tahunnya selalu bisa potong sendiri. Karena bagaimana pun ada niatan dan doa yang kita sampaikan," ujarnya.

Diungkapkannya, kurban ini jadi arti penting dalam membangun dan memiliki rasa ikhlas, terutama dalam memberikan sebagian rezeki yang kita punya kepada masyarakat yang membutuhkan. "Ini untuk beribadah, dan daging ini, ya, untuk masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Baca juga: Saran ahli gizi soal makan daging kurban di hari raya Idul Adha

Ia menuturkan, pada tahun ini Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendistribusikan 88 hewan kurban ke tujuh kecamatan.

"Jadi ada 44 ekor sapi dan 44 ekor kambing kita distribusikan ke tujuh kecamatan, ada yang ke masjid, pesantren dan sebagainya," kata dia.

Sementara itu dalam sambutan pada pelaksanaan Shalat Idul Adha di Islamic Center Baiturrahmi, Pilar menuturkan peringatan Idul Adha ini jadi momentum untuk merefleksi diri dalam memberikan dan membantu sesama secara ikhlas.

"Tentu saja ini merupakan bentuk merefleksi diri, bagaimana ibadah kurban yang kita lakukan ini menjadi suatu ibadah yang ikhlas," kata dia.

Momentum Idul Adha ini juga dijadikan untuk sarana dalam saling memberi kepada masyarakat. Terlebih selama beberapa tahun belakang didera pandemi yang menyebabkan hampir semua sektor mengalami dampaknya.

"Kita sudah masuk fase endemi, kita rayakan Idul Adha bersama-sama dengan penuh sukacita, kebahagiaan dan rasa syukur. Bagaimana kita bisa saling memberi kepada masyarakat," pungkas Pilar Saga Ichsan.

Baca juga: Pelaku usaha wisata Tangerang diminta tingkatkan pengawasan

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023