Ribuan kendaraan calon penumpang tampak memadati kantong parkir dermaga di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (28/6). Kepadatan salah satunya terlihat di area Dermaga Eksekutif, dimana ratusan kendaraan tampak menumpuk di area kantong parkir menuju pintu masuk tol gate dermaga.

Berdasarkan data dari PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak per Rabu 28 Juni 2023, pergerakan kendaraan calon penumpang pada libur panjang lebaran Idul Adha tercatat sudah terjadi sejak dimulainya libur sekolah Jumat 23 Juni 2023.

Dimana angka penyeberangan kendaraan penumpang yang setiap harinya hanya dikisaran 5.000 sampai 7.000 unit pada 23 Juni 2023 tercatat ada sebanyak 9.074 unit kendaraan penumpang yang diseberangkan. 

Peningkatan signifikan juga terjadi pada Selasa 27 Juni 2023 kemarin, dari total 28 armada kapal yang dioperasikan  melayani penumpang, jumlah total kendaraan yang telah diseberangkan angkanya mencapai 11.329 unit kendaraan, dengan rincian sebanyak 5.475 unit kendaraan pribadi, sebanyak 2.456 unit roda dua, sebanyak 373 unit bus, dan sebanyak 3.025 truk. Adapun total jumlah penumpang yang diseberangkan pada Selasa kemarin mencapai 47.494 penumpang, dengan rincian sebanyak 4.037 orang penumpang pejalan kaki dan sebanyak 4.357 orang penumpang dalam kendaraan.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Suharto mengatakan, jumlah penumpang pada musim libur panjang Lebaran Idul Adha tahun ini diprediksi mengalami peningkatan angkutan penumpang hingga sepuluh persen dari hari-hari normal.

"Diprediksi akan ada peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 10 persen," katanya.

Pihak ASDP Merak juga menghimbau pengguna jasa agar memastikan melakukan pembelian tiket melalui aplikasi ferizy atau melalui mitra resmi jauh-jauh hari atau  H-24 jam atau sehari sebelum keberangkatan, karena ASDP membuka penjualan tiket ferry sejak 60 hari sebelum keberangkatan, dan  tidak ada penjualan tiket ferizy didalam pelabuhan, sehingga masyarakat dapat melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari sehingga perjalanan lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman. 

"Pengguna jasa pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan tiket dan memperlancar pelayanan di pelabuhan, serta mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan check in 2 jam sebelumnya. Tiket akan expired jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan. Jangan lupa saat membeli tiket via online, pastikan pengguna jasa mengisi daftar penumpang dalam kendaraan secara tepat dan lengkap, termasuk data kendaraannya. Ini penting terkait hak asuransi setiap penumpang dan memperlancar proses perjalanan," tambah Suharto.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023