Jakarta (Antara News) - PT Intiland Development Tbk berhasil mewujudkan bangunan dengan aristektur inovatif  berbentuk kubah di kawasan perkantoran South Quarter (SQ) di Jakarta Selatan sehingga menjadikan sebagai landmark dalam koridor ini.

"Bagian atap bangunan ditutup dengan plasma transparan bermotifkan batik mega mendung (batik cirebon) membuat bangunan ini memiliki sirkulasi cahaya yang cukup tetapi tetap sejuk," kata Direktur South Quarter, Chandra Makmun di Jakarta, Minggu.

Dengan model yang transparan tersebut, pengunjung di dalam Dome juga dapat leluasa melihat pemandangan di sekitar bangunan, jelas Chandra.

Chandra mengatakan sesuai bentuknya maka bangunan yang dirancang konsultan arsitektur dan teknik terkemuka, Atkin dinamakan Dome SQ, yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan penghuni perkantoran di South Quarter maupun perkantoran sekitar TB Simatupang.

Penghuni perkantoran tentunya membutuhkan tempat untuk berkumpul, beristirahat, atau bahkan bertemu dengan client maka semua ini kami fasilitasi melalui Dome
   "Di dalamnya terdapat coffe shop, restoran, gerai makanan dan minuman, toko buku, supermarket, pusat kebugaran, agen perjalanan, bahkan salon kecantikan semuanya kami sediakan," kata Chandra usai pembukaan Dome SQ.

Perkantoran  SQ terdiri dari tiga tower saat ini dihuni sekitar 12.000 orang, sehingga Dome SQ ini diperkirakan akan memiliki captive market sekitar 10.000 orang dari kawasan ini saja, belum lagi kalau mereka yang datang dari luar, kata Direktur Pemasaran PT Intiland Development Tbk Susan Ananta.

Susan mengatakan perseroan melihat perkantoran masih menjadi produk yang banyak dicari, terutama untuk kawasan TB Simatupang. Sejumlah perusahaan multinasional terkemuka sudah berkantor di kawasan ini.

Perkantoran SQ sendiri saat ini banyak dihuni perusahaan multinasional yang telah berkembang seperti Citi Indonesia, Tupperware, General Electric, Calmic, Rentokil, serta beberapa lainnya, jelas Susan.

Susan mengatakan kebijakan pemerintah memberi kemudahan investasi telah dirasakan manfaatnya bagi sejumlah perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, bahkan beberapa investasi baru berencana merealiasaikan proyeknya di Indonesia.

Susan menjelaskan saat ini tenant (penyewa) di Dome SQ sudah mencapai 70 persen diharapkan bulan Juni berbarengan dengan bulan Ramadhan 12.500 meter persegi areal komersial di kawasan ini sudah terisi sepenuhnya.

Susan menjelaskan perkantoran SQ juga dirancang sebagai kawasan ramah lingkungan karena di dalamnya disediakan jalur dan parkir khusus sepeda serta tidak perlu khawatir tubuh akan berkeringat karena tersedia juga pancuran untuk mandi.

SQ memiliki lokasi strategis karena dilewati jalur MRT, dekat dengan akses Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, serta dekat dengan jalur busway sehigga dimanapun karyawan tinggal akan mudah mengakses kantor kami, kata Susan. 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016