Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geologi (BBMKG) wilayah II, Kota Tangerang, Provinsi Banten, menyatakan telah terjadi guncangan gempa bumi tektonik di wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten dan sekitarnya pada Selasa (27/6) pukul 20:32:59 WIB.

Dikutip dari lama resmi BMKG, gempa bumi tersebut berkekuatan 4,3 Magnitude yang episenter terletak pada koordinat 6.95 LS dan 105.4 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 kilometer Barat Daya Sumur-Banten pada kedalaman 14 kilometer.     

Dengan memperhatikan lokasi episenter serta kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut atau intraplate earthquake.    

Gempa tersebut dengan skala Intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan bergantungan hingga getaran nyata dalam rumah. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi. 

Selain itu, BMKG juga menyatakan hingga pukul 21:00 WIB, hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 

Selanjutnya, pihak BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diharapkan bisa memastikan informasi resmi dari BMKG melalui kanal yang telah terverifikasi seperti (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023