Inggris dan ARMONK, N.Y.,IBM (NYSE: IBM) dan The All England Lawn Tennis Club pada 21 Juni mengumumkan fitur baru menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI), untuk penggemar tenis Wimbledon yang akan diluncurkan pada kejuaraan tahun 2023.

Siaran pers yang diterima, Selasa, menyebutkan fitur baru ini melengkapi paket alat digital bagi penggemar di aplikasi Wimbledon dan wimbledon.com. Keduanya merupakan contoh terbaru bagaimana IBM dan Wimbledon memanfaatkan teknologi untuk membantu penggemar terlibat lebih jauh di kejuaraan ini.

Fitur AI Commentary baru akan memberikan penggemar yang menonton video sorotan pertandingan dengan komentar audio tentang momen kunci, disertai dengan teks yang dapat mereka hidupkan atau matikan. 

Baca juga: EY dan IBM perluas aliansi strategis ke dalam komputasi kuantum

Alat ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih dalam bagi penggemar ketika menonton kembali momen-momen penting dari pertandingan melalui video sorotan di Aplikasi Wimbledon dan wimbledon.com. 

Penyajian fitur ini pada tahun ini merupakan langkah menuju pemberian komentar dengan cara yang menarik bagi pertandingan di luar lapangan pertandingan Wimbledon yang telah memiliki komentar manusia secara langsung.

Untuk mengembangkan fitur baru ini, para ahli dari IBM iX, mitra desain pengalaman di dalam IBM Consulting, bekerja bersama The All England Club untuk memanfaatkan model dasar dari watsonx, platform AI perusahaan dan data IBM, untuk melatih AI dalam bahasa unik tenis. Generative AI yang dibangun di atas model dasar ini digunakan untuk menghasilkan narasi dengan struktur kalimat dan kosakata yang beragam agar klip tersebut informatif dan menarik.

IBM AI Draw Analysis 

Fitur baru lain yang diperkenalkan oleh IBM tahun ini adalah IBM AI Draw Analysis - statistik pertama dalam jenisnya di tenis - yang menggunakan AI untuk menentukan seberapa menguntungkannya jalur menuju final bagi setiap pemain dalam undian tunggal. 

Keuntungan undian pemain akan ditunjukkan dengan penilaian pada skala, berdasarkan sejumlah factor termasuk pertandingan pemain dengan lawan potensial di masa depan dan bagaimana posisi pemain dalam undian dibandingkan dengan pesaing. 

Wawasan baru ini akan membantu penggemar tenis untuk menemukan ketidaksesuaian dan kejutan potensial dalam undian tunggal, yang tidak akan terlihat hanya dengan melihat peringkat pemain, mendorong lebih banyak perdebatan dan keterlibatan dalam komunitas penggemar.

Usama Al-Qassab, Marketing & Commercial Director, The All England Club menyampaikan, "Kami terus berinovasi dengan mitra kami di IBM untuk memberikan pengalaman digital yang informatif dan menarik bagi penggemar Wimbledon, di mana pun mereka berada di dunia. 

Tahun ini, kami memperkenalkan fitur baru untuk platform digital kami yang menggunakan teknologi AI terbaru dari IBM untuk membantu penggemar mendapatkan wawasan lebih dalam tentang undian tunggal dan mengakses komentar pada pertandingan yang beragam melalui video sorotan pertandingan kami."

Jonathan Adashek, Senior Vice President of Marketing and Communications for IBM mengatakan, "IBM memberikan wawasan dan keterlibatan baru ke kejuaraan 2023 melalui penggunaan alat baru yang inovatif, didukung oleh model dasar dan AI generatif dari watsonx. 

"Kami melihat secara langsung bagaimana teknologi-teknologi ini memiliki kekuatan untuk membantu acara olahraga besar seperti Wimbledon dalam menumbuhkan audiens mereka melalui pengalaman digital yang luar biasa. Platform AI dan data yang digunakan IBM untuk menciptakan pengalaman penggemar yang unik untuk Wimbledon adalah teknologi yang sama yang kami gunakan untuk mendorong transformasi bisnis dengan klien-klien di semua sektor dan industri," ucap dia.

Fitur baru yang diperkenalkan tahun ini akan menambah daftar alat digital yang didukung oleh AI untuk penggemar yang tersedia di Aplikasi Wimbledon dan wimbledon.com. 

Mereka termasuk IBM Power Index Leaderboard, IBM Match Insights, dan Personalised Highlights Reels and Recommendations. Dengan menggunakan lebih dari 100.000 titik data dari setiap pukulan yang dimainkan selama turnamen, yang dianalisis oleh teknologi AI Watson dari IBM Cloud, fitur-fitur digital ini dirancang untuk memudahkan penggemar memahami pemain mana yang harus mereka ikuti, bagaimana mereka dibandingkan dengan lawan mereka, dan siapa yang kemungkinan akan menang. Penggemar tetap terinformasi dan terlibat sepanjang turnamen dengan wawasan segar yang disesuaikan dengan pemain yang mereka ikuti.

Kejuaraan Wimbledon akan berlangsung dari 3 Juli hingga 16 Juli 2023. Untuk melihat teknologi dalam aksi, kunjungi wimbledon.com atau unduh Aplikasi Wimbledon di perangkat seluler Anda, tersedia di App Store dan Google Play Store.

 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023