Jakarta (Antara News) - Situs belanja online ayooklik.com menawarkan solusi pengadaan kebutuhan gawai (gadget) dan IT bagi pemerintah lebih mudah karena harga-harga yang tertera di dalamnya selalu diupdate sesuai harga di pasar.

"Kehadiran kami sesuai dengan kebijakan e-katalog dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah." kata Presiden Direktur PT Air Mas Perkasa, Basuki Surodjo selaku perusahaan pengelola ayooklik.com di Jakarta, Selasa.

Basuki mengatakan terdapat empat situs belanja dibidang gadget dan IT dalam e-katalog LKPP, sehingga semua institusi pemerintah baik di pusat maupun daerah dapat dengan mudah mengakses sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Basuki memastikan harga yang ada di dalam e-katalog sudah sesuai dengan harga pasar sehingga nantinya pejabat pengadaan barang/ jasa tidak perlu khawatir harganya akan kemahalan, kalaupun terjadi perbedaan harga maka akan dicari harga yang paling rendah.

Dengan cara demikian, kata Basuki, pengadaan barang/ jasa tidak perlu lagi menggunakan proses tender, karena cukup mengakses situs tersebut maka barang akan dikirimkan berapapun jumlah dan nilai yang diminta serta sulit terjadi penyimpangan.

Basuki menjelaskan kalau dalam proses tender membutuhkan waktu 3 minggu sampai kepada pembayaran, maka dengan e katalog proses pengiriman dapat dilakukan lima sampai tujuh hari saja tergantung daerah yang dituju.

Dalam rangka mensosialisasikan penggunaan e-katalog, Basuki mengatakan, PT Air Mas Perkasa berkerja sama dengan LKPP melakukan sosialisasi kepada sejumlah institusi pemerintah dan BUMN bertempat di Hotel Kempinski Jakarta pada Selasa (26/4).

Basuki juga mengatakan hampir seluruh provider penyedia IT dan gawai sudah bergabung dalam ayooklik.com sehingga apapun kebutuhannya tersedia mulai dari harga paling murah sampai mahal, pengiriman pun dapat dilakukan baik dalam partai besar maupun partai kecil.

Basuki juga menyampaikan kehadiran e-katalog ini seharusnya menjadi solusi pengadaan perangkat komputer di sekolah-sekolah yang selama ini masih terkendala sehingga mengakibatkan baru beberapa sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer.

Basuki juga menyatakan kesiapkannya menampung produk IT dan gawai hasil karya bangsa sendiri mengingat salah satu kebijakan LKPP adalah memprioritaskan penggunaan produk karya bangsa sendiri dalam pengadaan barang/ jasa pemerintah.

Lebih jauh Basuki mengatakan ayooklik.com ini juga menjadi solusi bagi masyarakat maupun perusahaan yang ingin mencari produk IT dan gawai terpercaya.

"Kita tidak melayani pemerintah saja, umum juga boleh. Bahkan umum pasti akan dimudahkan karena harga yang tercantum merupakan harga yang berlaku di pasar tidak perlu datang ke toko barang dapat langsung diterima," ujar dia.

Basuki juga memastikan produk yang diterima pembeli nantinya sesuai dengan spesifikasi yang tertera untuk itu sebelum barang dikirimkan terlebih dahulu harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan barang tersebut benar adanya.

"Target kami porsi pembeli umum dan pemerintah hampir sama jumlahnya. Bahkan tidak tertutup perusahaan besar yang ada di Indonesia dapat mengakses kami apabila menginginkan pengadaan produk IT dan gawai," ujar Basuki.

Basuki memastikan semua produk tersedia baik itu PC, notebook, printer, server, storage, scanner, UPS, supplies (tinta toner), smartphone, tablet, sampai asesoris. Semuanya barang-barang tersebut langsung dipesan dari prinsipal resmi di Indonesia.

Basuki mengatakan untuk mendukung penjualan, www.ayooklik.com telah membentuk team pendukung yakni team pengembangan web, team desain, dan team online sales.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016