Berwisata dengan mengunjungi area kuliner yang disuguhkan oleh Sedayu Group dan Salim Group di Kawasan Pantai Indah Kapuk atau Kosambi (PIK) 2, Tangerang, Banten menjadi pilihan favorit dalam mengisi waktu liburan sekolah bagi warga Jabodetabek.

Dimana, sesuai dengan tema yang diangkat yakni Batavia PIK telah menyuguhkan destinasi ritel, kuliner, dan hiburan tepi kanal termegah yang ada di Indonesia.

Director of Operating Unit of Amantara Agung Sedayu Grup Anwar Salim di Tangerang, Senin mengatakan, bahwa kawasan bisnis kuliner itu sengaja dinamai Batavia untuk mengajak masyarakat dapat menikmati suasana Batavia zaman dulu yang merupakan cikal bakal dari Ibu Kota Jakarta.

"Kami menyajikan konsep Batavia ini dengan pilihan kuliner baik nasional maupun sampai internasional. Ada restoran khas Bali, Asia dan  hingga Eropa," katanya.

Baca juga: Desa Wisata Padarincang Kabupaten Serang Jadi Desa Keuangan Inklusi

Menurut dia, konsep Batavia dipilih karena dahulu Batavia pada masanya berjaya sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan bagai masyarakat yang ada di sekitar daerah ibu kota.

Oleh sebab itu, pihaknya ingin kembali menampilkan budaya Indonesia, Batavia PIK di Alun-alun yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati jalan-jalan sore menjelang senja. Salah satu contohnya adalah lenong, seni teater tradisional yang menjadi ciri khas budaya Betawi.

"Berdiri megah di lahan seluas 3,5 hektar, Batavia PIK dimulai dari Pantai Maju (Golf Island PIK) dengan berbagai restoran dengan hidangan lokal dan internasional yang dikuratori oleh Amantara seperti Tugu Rempah, Dewata by Monsieur Spoon, Sate & Seafood Senayan, Made’s Warung, Hansang, Cutt & Grill, Villa Capri, Orasa’s, Saigon Ngon, Rumah Jajan Bu Nanik, Canton 168, dan masih banyak lagi lainnya," ucapnya.

Ia menyebutkan, selain Batavia PIK, berbagai fasilitas bertaraf internasional dan destinasi wisata menarik lainnya dihadirkan untuk menunjang kenyamanan serta kebutuhan para residen dan pengunjung.

"Tidak hanya itu saja, beragam event menarik juga akan hadir untuk dinikmati. Berikut ini beragam proyek komprehensif dan rencana event mendatang yang akan segera hadir di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Kosambi 2," ujarnya.

Baca juga: Bersama Mantan Bupati Serang, Airin Bahas Pengembangan Wisata Religi

Ia menambahkan, adapun untuk tenan kuliner atau resto yang dihadirkan itu ada 20 tenan. Mulai dari nasional hingga internasional, sehingga jadi pilihan destinasi wisata kuliner para pengunjung.

Sejumlah tenan yang dapat jadi pilihan wisatawan kuliner di antaranya. Saigon Ngon, merupakan restoran kuliner Vietnam yang hadir di Batavia PIK dengan konsep baru. Di restoran ini, bisa menikmati kuliner dari Negeri Biru baik halal maupun non-halal.

Oras's, merupakan tenan restoran kuliner khas Thailand modern. Selain menyajikan kuliner khas Negeri Gajah Putih. Oras’s juga menyajikan kuliner khas Indonesia yang dinikmati di resto dengan konsep terapung lengkap pemandangan laut.

Canton 168, merupakan restoran yang menyajikan kuliner khas Cina modern.Hadirnya di Batavia PIK, Canton 168 menambah menu non-halal sebagai pilihan menu untuk pelanggan secara global.

Sate & Seafood Senayan. Restoran ini tentu sudah umum dikenal bagi para pecinta kuliner sate dan seafood. Restoran itu menyajikan masakan khas Indonesia yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kawasan PIK.

Dewata. Sesuai namanya, restoran itu menyajikan kuliner khas Bali. Bisa jadi pilihan buat yang lagi kangen kuliner khas Pulau Dewata, Bali.

Baca juga: Pengunjung padati permukiman Suku Badui nikmati wisata alam

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023