PT Pos Indonesia mendistribusikan program pangan berupa beras yang digulirkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk masyarakat miskin di Kabupaten Lebak, Banten dan dinilai tidak ada kendala.
 
"Kami menerima laporan selama ini pendistribusian program pangan berjalan lancar," kata Executive Manager Kantor Pos Rangkasbitung Kabupaten Lebak Priyo Kemala di Lebak, Ahad.
 
Pendistribusian bantuan pangan di Kabupaten Lebak untuk memenuhi ketersediaan pangan masyarakat dari kalangan keluarga miskin.
 
Selama ini, program pangan sangat membantu bagi masyarakat dari keluarga miskin agar tidak menimbulkan kerawanan pangan.
 
Namun, penyaluran beras tersebut dikawal oleh petugas Kantor Pos Rangkasbitung sebagai penanggung jawab yang ditunjuk pemerintah.

Baca juga: Menyesap manisnya tetesan gula aren di Lebak Banten
 
Pendistribusian program pangan itu dibagikan di 345 desa/kelurahan tersebar di 28 kecamatan, tetapi titik pengambilan beras dipusatkan di kantor desa dan kelurahan setempat dan setiap warga miskin menerima beras sebanyak 10 kilogram/bulan.
 
"Kami mendistribusikan program pangan mulai dari Maret sampai April 2023 berjalan lancar dan tidak ada masalah dari warga setempat," kata Kemala.
 
Menurut dia, pendistribusian bantuan program pangan tersebut sebelum disalurkan kepada masyarakat, terlebih dahulu dilakukan pengecekan oleh Satgas Pangan terdiri dari Perum Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial Kabupaten Lebak.
 
Apabila, petugas Satgas Pangan itu memberikan jaminan bahwa beras jenis medium yang akan disalurkan layak dan berkualitas dikonsumsi maka petugas Pos Rangkasbitung mendistribusikannya.
 
"Kami hanya sebatas mengawal untuk mendistribusikan program bantuan pangan hingga ke masyarakat," katanya.
 
Ia mengatakan, selama ini pendistribusian beras langsung diterima masyarakat penerima program bantuan pangan. Bahkan, petugas Pos Rangkasbitung akan mengantarkan beras ke rumah penerima program jika mereka sakit.

Baca juga: Padi huma, andalan petani Badui penuhi pangan
 
Pendistribusian beras sebanyak 1.561,12 ton untuk masyarakat miskin yang menerima program bantuan pangan sebanyak 156.112 kepala keluarga (KK).
 
Karena itu, pihaknya bersama 10 kantor pembantu mendistribusikan beras ke desa-desa dan kelurahan.
 
"Kami meyakini dengan pendistribusian beras dapat memenuhi ketersediaan pangan keluarga," katanya.
 
Sementara itu, sejumlah warga Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak mengaku  mereka sudah tiga bulan terakhir menerima bantuan program pangan yang digulirkan Bapanas berupa beras sebanyak 10 kilogram/bulan.
 
"Bantuan pangan itu sangat meringankan beban ekonomi masyarakat dari keluarga miskin, terlebih harga beras melonjak di pasar," kata Budiman (55) warga Kalanganyar Kabupaten Lebak.

Baca juga: Cegah penyakit menular di Badui, relawan lakukan pengobatan

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023