Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga mengatakan program Sekolah Adiwiyata (peduli lingkungan) bukan hanya motto semata tapi memberikan pendidikan anak mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

"Sekolah Adiwiyata menjadi salah satu hal terpenting dalam penanaman pendidikan dan karakter cinta lingkungan yang harus ditumbuhkan sejak dini," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang, Rabu.

Dijelaskannya, program Sekolah Adiwiyata di Kota Tangerang Selatan sudah berjalan karena saat ini program tersebut telah dilakukan oleh 15 sekolah yang ada di Tangerang Selatan.

"Saat ini Sekolah Adiwiyata ada 15 yang sudah berjalan, saya harap ke depan sekolah di Tangerang Selatan ini menjadi sekolah Adiwiyata," ujarnya.

Oleh karena, manfaat yang begitu besar dapat dirasakan dengan adanya program Adiwiyata di seluruh sekolah. "Ini usaha kita mencetak generasi peduli lingkungan," ujarnya.

Kemudian indikator kepedulian lingkungan tersebut nanti akan dinilai, termasuk inovasi yang dihasilkan terkait permasalahan sampah.

Jika indikator ini berhasil dipenuhi, sekolah tersebut akan naik kelas menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, dan kemudian dinilai lagi hingga tingkat nasional.

"Yang pasti ini soal peduli lingkungan. Nanti itu dinilai indikatornya misal penghijauan, pemilahan sampah, menghasilkan sampah menjadi pupuk, magot dan berbagai inovasi lainnya. Jadi kita mendidik masyarakat dari generasi yang paling muda. Mereka jadi terbiasa menjaga lingkungan," katanya.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023