Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, berharap pemerintah pusat, melalui kementerian terkait, membantu mengentaskan desa tertinggal di daerah itu.

"Kita harapkan ada bantuan pusat, melalui kementerian terkait, seperti Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dalam mengentaskan desa tertinggal," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Kamis.

Bantuan yang diberikan, kata dia, bisa dalam bentuk pembinaan usaha bagi masyarakat sehingga mendorong peningkatan perekonomian di desa tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan menyatakan pengentasan desa tertinggal terus dilakukan, dan saat ini terbantu dengan adanya bantuan dana desa dari pemerintah pusat.

"Sekarang jumlah desa tertinggal tersisa 70 desa, dan diharapkan bisa dientaskan dalam beberapa tahun ke depan," katanya.

Pengentasan desa tertinggal merupakan salah satu program prioritas, dan bagian dari upaya mengeluarkan Pandeglang dari ketertinggalan.

"Kalau desa sudah maju, maka kecamatan juga maju. Jika semua kecamatan maju dan kabupaten juga akan maju dan keluar dari ketertinggalan," ujarnya.

Mengenai pengalokasian dana desa, menurut dia, banyak sesuai dengan kebutuhan dan usulan masyarakat dan musrenbang, diantaranya infrastruktur jalan, irigasi dan fasilitas umum lainnya.

Pemkab Pandeglang selalu menekankan pada para kepala desa agar memanfaatkan bantuan dana desa sesuai peruntukan yang ditetapkan serta membuat pertanggungjawaban.

"Harus jelas pertanggungjawabannya untuk setiap tahap bantuan yang diberikan. Bantuan tahap dua baru akan diberikan ketika pertanggungjawaban tahap pertama sudah disampaikan," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016