Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang di sebagian wilayah di Indonesia pada Rabu.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian Bangka Belitung, Banten hingga Bengkulu.

Selanjutnya, sebagian DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Riau, Jambi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sumatera Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengajak dunia internasional untuk mengatasi kesenjangan antara teknologi kebencanaan dan pemahaman masyarakat guna menekan risiko bencana.

"Meskipun sudah ada peringatan dini untuk melakukan evakuasi, jika tidak didukung dengan pemahaman tentang mitigasi kebencanaan, kesadaran, keterampilan, dan juga kemampuan respons yang cepat dan tepat, sistem peringatan dini tersebut akan gagal dalam mencegah terjadinya korban," kata dia.

Baca juga: BMKG: Hujan berpotensi terjadi di sejumlah kota besar termasuk Serang

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga waspadai potensi hujan lebat di sebagian wilayah Indonesia

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023