Jakarta (Antara News) - PT Wismilak Inti Makmur Tbk kembali menyelenggarakan Diplomat Success Challenge (DSC) 2016 suatu program untuk menjaring wirausaha muda berprestasi melalui proses seleksi dari usulan bisnis yang disampaikan.

"Program ini bertujuan mengundang calon wirausaha usia produktif 20 - 45 tahun untuk berlomba menampilkan ide dan kreativitas bisnis mereka. Pemenang akan dipilih melalui team juri yang berpengalaman dibidang bisnis," kata Chief Board of Commisioner DSC 2016, Surjanto Yasaputra di Jakarta, Rabu.

Team juri dalam DSC 2016 diantaranya Helmy Yahya pengusaha dan pembawa acara televisi serta Antarina S.F. Amir pimpinan HighScope Indonesia.

Surjanto mengatakan Program DSC diluncurkan pertama kali di tahun 2010. Setelah diselenggarakan 6 tahun berturut-turut tanpa jeda, ajang ini telah banyak melahirkan wirausaha muda. Mereka ini sukses  tidak saja karena didukung hibah modal usaha, tapi juga ditambah pendampingan usaha yang difasilitasi Wismilak.

Menurut Surjanto Wismilak memberikan bimbingan manajemen secara menyeluruh selama satu tahun  mulai dari pengelolaan keuangan sampai produksi sesuai kebutuhan masing-masing.

"Lulusan DSC seperti memasuki sekolah kehidupan yang sesungguhnya. Mereka digembleng oleh situasi dan dibimbing untuk mengatasi problema usaha yag dihadapi secara nyata sehari-hari," ujar Surjanto.

Alumni DSC adalah orang-orang terpilih yang teruji dan terdidik dengan baik. Tidak berlebihan kalau sekarang kami minta mereka menjadi agen perubahan serta bisa menularkan pengetahuannya kepada orang lain,¿ ujar Surjanto.

Pemenang DSC 2015, Irendra Radjawali  mengatakan banyak hal yang dipelajari dalam DSC untuk menjadi pengusaha sukses. Memang untuk menjadi pengusaha harus berani menghadapi kesulitan, keberhasilan mengatasi kesulitan akan menjadikan sebagai pengusaha sukses.

Irendra yang mengajukan bisnis drone untuk pemetaan ini berjanji akan membagikan ilmu yang didapatnya kepada orang lain setidaknya memberikan motivasi kepada orang lain agar dapat menjadi pengusaha sukses.

"Alumni DSC adalah wadah membangun jaringan bisnis bagi wirausaha muda di Indonesia, mereka sudah teruji dan terlatih, ibaratnya siap menjadi paratroopers yang mampu membuka jalan kesuksesan berwirausaha," ujar Surjanto.   

Surjanto mengatakan terdapat tiga hal yang akan menentukan suksesnya seorang wirausaha, yakni paham, piawai, dan persona.

Surjanto bertekad menjadikan DSC 2016 yang bertemakan "Awali Suksesmu Disini" tidak hanya sebagai sebuah kompetisi wirausaha, namun juga sebagai pemberdayaan yang inspiratif, sebuah wadah tempat alumni yang telah sukses akan menginspirasi patisipan DSC berikutnya untuk berani berjuang berwirausaha.

DSC merupakan kompetisi ide wirausaha yang memberikan hadiah total Rp2 miliar bagi para pemenangnya. Bagi calon wirausaha yang ingin mengikuti kompetisi ini cukup mengirimkan usulan bisnis melalui wismilak-diplomat.com sebelum 13 Juni 2016.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016