Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, kini tengah mematangkan persiapan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XX tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 25-30 Juli 2023 di daerah itu.

"Kita mempersiapkan penyelenggaraan MTQ XX Tingkat Provinsi Banten dengan membentuk panitia lokal, agar persiapan lebih matang," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Wabup Tangerang harap FLS2N dapat ciptakan SDM unggul di bidang seni budaya

Dia menyebutkan, untuk memastikan kesiapan dalam penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi tersebut dilakukan pembentukan panitia lokal agar setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Banten nomor 450.14/Kep.115-Huk/2023 tentang Penetapan Kabupaten Tangerang sebagai tempat penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XX Tingkat Provinsi Banten.

Selain itu, untuk memaksimalkan dan mematangkan persiapan pemilihan arena utama MTQ, penginapan untuk para dewan hakim, panitia maupun beberapa venue yang akan dijadikan arena lomba seperti Masjid Agung Al Amjad, dan Gedung Serba Guna Tigaraksa, Kantor MUI Kabupaten Tangerang telah dilakukan penataan.

"Arena utama yang digunakan adalah Alun-alun Tigaraksa. Selain syiar Islam berkumandang di MTQ XX, nanti pun pemberdayaan ekonomi kerakyatan kita gelar di sekitar penyelenggaraan," katanya.

Selain untuk mempersiapkan suksesnya penyelenggaraan MTQ XX Tingkat Provinsi Banten, panitia lokal yang terbentuk nanti juga akan mempersiapkan teknis penyambutan Qori Qoriah Hafizh Hafizah se-Provinsi Banten.

"Nanti panitia lokal juga akan mempersiapkan teknis penyambutan Qori Qoriah Hafizh Hafizah," kata dia.*

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023