Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mempersiapkan kantong-kantong parkir dan akses jalan alternatif guna mengurai kemacetan yang kemungkinan terjadi di sekitar lokasi asrama haji.

"Perlu diperhatikan juga, inikan lokasinya berseberangan dengan lokasi wisata Situ Cipondoh. Kalau nanti akses masuknya hanya dari depan saja pasti akan terjadi penumpukan. Saran saya, perlu dibuat juga akses masuk dari belakang," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Puspemkot Tangerang, Selasa.

Arief mengaku dirinya bersama dengan tim telah meninjau langsung progres pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang di proyek Asrama Haji Cipondoh, Senin (12/5).

Baca juga: Asrama haji Kota Tangerang ditarget bisa digunakan saat kepulangan jamaah

Pembangunan tahap pertama gedung asrama haji Banten di Cipondoh, Kota Tangerang telah selesai dan akan digunakan pertama kali menyambut kedatangan jamaah haji asal Kota Tangerang tahun ini. 

Didampingi sejumlah kepala OPD terkait, Wali Kota menyoroti sejumlah perbaikan terutama dalam hal akses jalan. Terlihat jalan menuju ke lokasi Asrama Haji sudah mulai dipasang batu agregat, termasuk untuk lapangan parkir.

"Saya lihat memang sudah dipasang ya pondasi, tapi saya minta dipastikan lagi agar permukaannya bisa rata. Kalau masih ada yang bergelombang, coba dipadatkan atau dikupas lagi agar bisa rata agar nanti dapat memudahkan para pengantar dan penjemput jamaah," kata Arief menambahkan.

Wali Kota juga memerintahkan Dinas Perhubungan kota Tangerang untuk melakukan intervensi ke Pemerintah Provinsi guna mengurangi kemacetan di Jalan KH Ashari yang statusnya merupakan jalan provinsi.

“Tolong komunikasikan dengan pemerintah Provinsi, biar nanti kita segera bisa intervensi,” katanya.

Selain akses jalan dan kantong parkir, Wali Kota Arief juga meninjau progres pembangunan embung yang nantinya akan digunakan untuk mengoptimalkan sistem drainase di lokasi Asrama Haji tersebut.

"Agar bisa lebih maksimal, sepertinya harus ditambahkan juga untuk sistem resapan airnya, sehingga tidak hanya mengandalkan antrean yang di embung ini tapi juga sekalian diresapkan ke tanah sehingga akan lebih cepat teralirkan airnya," pungkas Arief R Wismansyah.

Baca juga: Wawali Kota Tangerang pantau setiap hari penataan sarana di asrama haji
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023