Asrama haji Kota Tangerang yang berlokasi di wilayah Cipondoh ditargetkan bisa dipergunakan sebagai lokasi kepulangan jamaah dan penjemputan bagi keluarga usai menunaikan ibadah haji nanti.

"Asrama Haji Kota Tangerang rencananya akan dipergunakan sebagai lokasi penjemputan kepulangan jamaah haji tahun 2023, khususnya bagi jamaah asal Kota Tangerang," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Wali Kota Arief mengatakan, prosesi penyambutan kepulangan jamaah haji menjadi hal yang krusial bagi Pemkot Tangerang untuk berkesempatan melayani masyarakat yang telah usai menunaikan ibadah haji.

"Kalau pulangnya nggak harus ke Pondok Gede dulu, kan bisa hemat waktu dan juga tenaga empat sampai enam jam," katanya.

Wali Kota menjabarkan, fasilitas dan juga utilitas yang mendukung prosesi kepulangan jemaah haji harus dipersiapkan sebaik mungkin dalam waktu yang sangat terbatas, meski pembangunan gedung asrama haji belum rampung secara keseluruhan.

"Makanya infrastruktur dan juga aksesibilitas dari dan menuju asrama haji harus benar - benar dipersiapkan agar tidak mengganggu lalu lintas jalan sekitar asrama," ujarnya.

Ia pun telah meminta agar jajaran Pemkot Tangerang dapat segera melakukan simulasi kedatangan jemaah haji untuk dapat memetakan kebutuhan dan juga hal - hal yang harus dipersiapkan agar kedatangan jemaah bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Misal, dikasih stiker untuk mobil penjemput dan satu jemaah hanya boleh dijemput oleh satu kendaraan, biar nggak kacau dan parkirnya juga harus dipikirkan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023