Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten mengoptimalkan deteksi dini untuk mencegah konflik sosial yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

"Untuk menciptakan suasana kondusif, aman dan nyaman tidak bisa ditangani hanya satu kelompok saja,namun melibatkan semua pemangku kepentingan,"kata Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol) Kabupaten Lebak Sukanta di Lebak, Kamis.

Baca juga: Bupati Lebak minta JCH lansia jaga kesehatan dengan baik
 
Selama ini, wilayah Kabupaten Lebak relatif kondusif dan aman, namun pihaknya tetap memaksimalkan deteksi  dini dengan melibatkan seluruh pihak.

Apalagi, saat ini menghadapi tahun demokrasi atau tahun politik sehingga pemerintah daerah menggandeng para pihak untuk menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif.

Keterlibatan  Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kewaspadaan Dini Daerah (FKDD) dan  Tim Kewaspadaan Dini (Wasdin) yang anggotanya terdiri dari intel Kejaksaan, Kodim, Korem, Polisi, Bais dan BIN.

Mereka Tim Wasdin, FKDM dan FKDD bersinergi untuk melakukan deteksi dini, baik politik, ekonomi dan konflik sosial maupun konflik kerawanan sosial lainnya.

"Kita lebih mengutamakan deteksi dini untuk mencegah konflik sosial dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dibandingkan setelah kejadian,"kata Sukanta.
 
Bahkan, sumber- sumber konflik dapat diantisipasi secara dini oleh mereka, sehingga tidak menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.
 
"Kami mengapresiasi hingga kini kondisi suasana Lebak aman, nyaman, dan kondusif di masyarakat,"katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya lebih mengutamakan deteksi dini dan jangan sampai terjadi konflik sosial hingga konflik berbau SARA, terlebih menghadapi Pemilu 2024.

Selama ini, katanya, tugas para pihak mampu mengantisipasi permasalahan yang berkembang di masyarakat, sehingga tidak menimbulkan sumber konflik sosial, kerusuhan dan anarkisme.

Ia mencontohkan, jika ada kelompok mahasiswa yang akan melakukan aksi demonstrasi maka tim deteksi dini perlu mempertanyakan kepada mereka. Apa topik aspirasi yang akan disampaikan, maka tim deteksi dini perlu mengetahui dan jangan -jangan demontrasi itu menimbulkan anarkisme, sehingga perlu dilakukan pencegahan.

"Kita tidak melarang aksi demonstrasi itu, namun setidaknya mengetahui untuk penyampaian aksi itu guna mencegah tindakan anarkisme yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban,"kata Sukanta.

 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023