Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang optimalkan potensi di setiap kampung tematik sebagai pariwisata lokal yang dapat menggerakkan ekonomi daerah.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang, Banten, Kamis, mengatakan pandemi selama dua tahun telah membuat redup aktivitas di kampung tematik. Oleh karena itu Disbudpar melakukan sosialisasi sosialisasi kampung tematik berbasis wisata untuk mereaktivasi kembali para penggerak kampung tematik.

Tak hanya itu saja, kata dia, sosialisasi tersebut dilakukan untuk memantik kesadaran baru para penggerak kampung tematik untuk kembali mengoptimalkan potensi yang dimiliki tiap kampung.

Rencananya setelah sosialisasi akan dilakukan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kampung-kampung tematik yang dinilai potensial.

"Kita akan terus me-review untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki tiap kampung untuk diolah menjadi potensi pariwisata yang akan menguntungkan Kota Tangerang kedepannya,” kata Rizal.

Disbudpar menggandeng beberapa narasumber berkompeten yakni akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sekaligus perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Mira Maulani Utami dan perintis Desa Wisata Sawarna sekaligus Ketua Pokdarwis Provinsi Banten Lili Suhaeli.

“Ini merupakan langkah pertama, setelah ini kita akan mengadakan FGD (Focus Group Discussion) yang akan mengundang para penggerak di kampung tematik masing-masing untuk mengembangkan kampungnya menjadi kampung wisata berbasis pendekatan lokalitas, baik potensi, atraksi, aksesibilitas, sampai kualitas manusianya. Nantinya, selama setahun ke depan akan dilakukan pendampingan berdasarkan kompetensi masing-masing,” kata Mira Maulani Utami.

Selain itu sosialisasi ini diharapkan mampu dimanfaatkan secara optimal oleh para pegiat kampung tematik untuk mendapatkan bekal ilmu, pengalaman, dan jaringan yang dibutuhkan untuk mengembangkan kampung tematik menuju kampung wisata yang menguntungkan.

“Harapannya, setelah sosialisasi ini tuntas dilakukan, masyarakat dan terutama para pegiat tetap konsisten dalam mengembangkan kampung tematik menuju kampung wisata.Mari kita kembangkan, mari kita jaga, dan mari kita pelihara kampung-kampung yang ada,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023