Serang (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten sedang menyusun rancangan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) pencalonan pada Pemilihan Gubernur Banten 2017.

"Kami sedang melakukan proses penyusunan draft Juklak dan Juknis untuk Pilgub, sambil menunggu Peraturan KPU yang sedang dikonsultasikan ke DPR," kata Ketua KPU Banten Agus Supriatna di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, diantara draft Juklak dan Juknis pelaksanaan Pilkada Banten tersebut terkait pencalonan untuk calon perseorangan yang mengacu pada Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam putusan MK tersebut syarat pencalonan untuk calon kepala daerah dari unsur perseorangan basisnya bukan lagi persentase jumlah penduduk, melainkan daftar pemilih tetap (DPT).

"Nah untuk di Banten ini sekitar 7,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang jumlahnya 8,6 juta. Jadi untuk di Banten jumlah dukungan sekitar 599 ribu atau hampir 600 ribu syarat dukungan untuk calon perseorangan. Nah kita sedang menyusun itu," kata Agus

Sedangkan untuk calon kepala daerah yang diusung dari partai politik (Parpol) di Banten, tidak ada satupun parpol di Banten yang bisa mengusung bakal calon gubernur sendiri, karena tidak memenuhi syarat 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Banten yakni minimal sebanyak 17 kursi.

"Jadi jumlah kursi DPRD Banten ini ada 85 kursi. Nah 20 persen dari itu, minimal 17 kursi bisa mengusung calon sendiri," kata Agus.

Dengan demikian, kata dia, parpol di Banten tidak ada yang bisa mengusung calon sendiri, karena kursinya tidak mencukupi sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

"Nah itu draft juklak juknis yang sedang kita susun itu," kata Agus saat menghadiri pelantikan bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo Gubernur Banten.

Sementara itu salah seorang bakal calon gubernur Banten Andika Hazrumi mengaku siap maju dalam Pilgub Banten 2017 dan akan mendaftar ke partai politik yang membuka pendaftaran penjaringan.

"Saya akan daftar ke PAN dan Demokrat. Partai manapun yang buka penjaringan saya akan daftar," kata anak sulung mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut yang juga hadir dalam pelantikan tersebut.

Sebelumnya Andika juga sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti penjaringan di Partai PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016