Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, melalui Dinas Pendidikan menanggung biaya SPP bulanan siswa pada 73 sekolah SMP/MTs swasta untuk siswa yang tidak diterima di sekolah negeri saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini..

“Dengan menggratiskan biaya SPP di 73 SMP dan MTs swasta adalah bentuk komitmen Pemkot Tangerang agar tidak ada anak yang putus sekolah di kota ini,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah dalam keterangannya, di Tangerang, Sabtu.

Kepala Dinas Pendidikan Jamaluddin menambahkan program sekolah swasta gratis ini mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2023/2024.

Program sekolah gratis ini diluncurkan agar anak-anak yang tidak diterima di sekolah negeri akibat kuota yang sudah penuh, tetap dapat bersekolah di sekolah swasta tanpa perlu memikirkan biaya. Tidak ada persyaratan khusus hanya orang tua murid/wali memiliki KTP dan KK Kota Tangerang.

"Syarat untuk dapat memanfaatkan program ini adalah ber-KTP Kota Tangerang. Jadi anak tetap dapat bersekolah apabila tidak diterima di sekolah negeri," katanya.

Tetapi biaya yang ditanggung oleh Pemkot Tangerang hanya biaya kebutuhan sekolah seperti pendaftaran, ujian, ulangan, iuran-iuran untuk praktek, SPP, dan lainnya. "Untuk kebutuhan pribadi seperti seragam, buku, dan lainnya tidak termasuk,” ujarnya.

Ia melanjutkan sekolah swasta gratis ini juga memiliki akreditasi dan fasilitas yang tidak kalah baik dengan sekolah negeri, sehingga masyarakat tidak perlu ragu dengan sekolah mana yang akan dipilih.

Intinya bagi para orang tua murid, kata dia, jangan panik apabila anak tidak diterima di sekolah negeri karena kami sudah menyiapkan 73 SMP dan MTS swasta secara gratis.

"Baik dari segi fasilitas dan kualitas juga sama baiknya dengan sekolah negeri, sehingga anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang baik,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023