Karo PID Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Mohamad Hendra Suhartiyono mengungkapkan peran Pers sangat penting dalam penyebaran informasi dan kontrol sosial, sehingga perlu disosialisaikan agar perlu diketahui masyarakat. 

"Pers harus mampu berkeadilan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Apalagi saat ini dalam tahapan Pemilu, sehingga diharapkan dapat berperan dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)," katanya saat dialog publik tentang Kemerdekaan Pers dan perlindungan Jurnalis secara virtual di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan perjalanan Pers dalam pembangunan bangsa mengalami jalan berliku, bahkan tak jarang dihadapkan pada persoalan dengan masyarakat.

"Kemerdekaan Pers merupakan kedaulatan rakyat dan berpegang pada supermasi hukum," kata Hendra.

Sementara, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Heriyanto mengatakan tujuan dari kegiatan dialog ini untuk mengetahui kemerdekaan Pers dan perlindungan terhadap jurnalis.

"Sejauh mana kemerdekaan Pers di Indonesia, khususnya di Banten dan seperti apa perlindungannya terhadap jurnalis," katanya. 

Didik juga menyampaikan bahwa hubungan antara Polda Banten dan para jurnalis selama ini telah berjalan dengan baik. Apalagi setiap ada kegiatan Pers selalu terlihat aktif.

"Tentu peran Pers sangat penting dalam penyebarluasan informasi Polri khususnya di Banten," ucap Didik.

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023