Pandeglang (Antara News) - Sasaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Pandeglang, Banten, sebanyak 148.398 balita, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Indah Diarsiani menyatakan .

"Dengan sasaran itu, diperkirakan seluruh bayi dan anak di bawah lima tahun di Pandeglang bisa diberi imunisasi," katanya di Pandeglang, Selasa.

Indah juga mengharapkan  seluruh warga Pandeglang turut menyukseskan PIN Polio  yang dilaksanakan 8-15 Maret 2016.

Ia mengharapkan seluruh bayi dan anak mendapat imunisasi sesuai dengan umur dan jenis imunisasi yang dibutuhkan.

"Itu bisa dilakukan jika ada dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat," katanya.

Untuk memudahkan pelayanan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang menyiapkan  1.796 Pos PIN yang tersebar di 36 Puskesmas, rumah sakit, dan tempat umum lainnya.

Dia menegaskan, imunisasi merupakan salah satu upaya pencegahan paling efektif, selain dapat mencegah penyakit juga dapat melindungi orang sekitar.     

"Kesadaran tentang pentingnya imunisasi diharapkan tumbuh dari orang tua, sehingga bayi dan anak memiliki kekebalan tubuh yang dibutuhkan," ujarnya.

Menurut dia, menjadi sehat adalah hak anak, dan anak yang sehat adalah investasi bagi orang tuanya, karena itu diharapkan para orang tua membawa anaknya ke Puskesmas dan Pos PIN terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis.

Program imunisasi diatur di dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, yakni  setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuannya untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi.

"Pemerintah wajib memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak, maka saya mengajak semua masyarakat untuk menyukseskan PIN Polio 2016," ujarnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016