Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang, meluncurkan program layanan Sistem Informasi dan Komunikasi Jejaring Rujukan Gawat Darurat Ibu dan Bayi Baru Lahir (SIJARIEMAS) dari bidan di Rumah Sakit terkait.

Kepala Seksi Pengembangan E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika, Adhi Zulkifli di Tangerang, Jumat, mengatakan, pasien cukup mengirimkan SMS dengan format tertentu ke 08881996677 atau menghubungi call center SIJARIEMAS 24 jam dengan nomor telepon 081510346654 atau 08111310051.

Setelah itu, pesan tersebut akan terinformasikan mengenai kondisi pasien, penjelasan perujuk dan kesiapan Rumah Sakit yang akan menerima pasien tersebut. 

Selain melalui SMS dan Call Center, SIJARIEMAS juga dapat diakses melalui aplikasi mobile android. 

Dengan aplikasi pelayanan ini diharapkan Seluruh RS, Puskesmas, BPJS, PMI, Organisasi Profesi, OPD dan Masyarakat secara bersama-sama dapat melakukan gerakan penyelamatan ibu dan bayi baru lahir menju tangerang sehat dan zero death.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Rostiwi mengatakan, sistem ini mempercepat proses pertukaran data dan informasi maupun komunikasi dalam rujukan gawat darurat maternal dan neonatal antara bidan, puskesmas hingga Rumah Sakit.     Tujuan sistem ini antara lain untuk memastikan bahwa fasilitas penerima rujukan telah siap siaga dalam menerima dan menangani pasien yang dirujuk.

Sehingga dapat menghindari penolakan pasien, ketidakjelasan kemana pasien rujukan harus dibawa atau mencegah keterlambatan penanganan  yang disebabkan oleh penuhnya pasien di fasilitas atau tidak adanya dokter spesialis ditempat yang langsung menangani pasien rujukan. 

"Jadi, untuk ibu hamil yang akan melahirkan akan terbantu. Karena, bidan akan berkomunikasi melalui layanan ini kepada rumah sakit yang akan dituju dan menyiapkan segala keperluannya," ujarnya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah berharap agara layanan SIJARIEMAS bukan hanya seremonial semata dalam pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat kota Tangerang.

"Setelah di-launching saya berharap komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan termasuk Sumber Daya Manusia dan Teknologinya. Semua pihak harus bersinergi baik itu Rumah Sakit, Organisasi Profesi, Organisasi Bidang Kesehatan, Pemerintah dan semua pihak yang terlibat," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016