Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Komando Rayon Militer (Koramil) 0315/Bayah  meninjau lokasi sumber titik mata air yang akan dipasang pompa hidrant di Lebaksitu Kampung Cicurug Desa Citorek Tengah Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

"Pemasangan pompa hidrant dari sumber mata air itu untuk masyarakat setempat," kata petugas Babinsa Koramil 0315/Bayah Peltu Agus di Lebak, Jumat.

Peninjauan lokasi sumber mata air itu dilaksanakan Kamis (11/5)  bertempat di Lebaksitu Kampung Cicurug Desa Citorek Tengah Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

Pengecekan lokasi sumber mata air juga didampingi Suparna (staf desa), Nurfahmi (staf desa), Arsadi (Rw 01) dan Sunarya (Rw 03).

Mereka tim pengecekan berangkat ke lokasi titik air yang berada di lokasi Cijarab Desa Citorek Sabrang dan tiba pukul 10.50 WIB.

Selama pengecekan di lokasi sumber titik air tersebut  masyarakat dan aparat desa melakukan kegiatan pembersihan rumput ilalang yang berada di sisi tebing mata air.

Lokasi sumber mata air Cijarab itu sendiri masuk ke Desa Citorek Sabrang, Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

Sumber mata air Cijarab memiliki
sebit air relatif normal jika musim kemarau dan warna air jernih serta bening.

Sumber mata air dengan lebar kurang lebih enam meter tentu perlu perbaikan tanggul bagian tengah yang tergerus air.

Dan, sumber mata air itu sangat layak untuk dikonsumsi minum juga bisa digunakan untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) oleh masyarakat.

"Saya kira titik sumber mata air dapat dimanfaatnya untuk masyarakat di tiga  kampung dengan jumlah 437 KK, yang berada di Desa Citorek Tengah antara Cinutug, Lebak Situ dan
Cicurug,"kata Peltu Agus.

Ia juga mengatakan, sumber titik  mata air juga dapat mengairi areal persawahan milik masyarakat.

Dengan demikian, perlu perbaikan tanggul tengah supaya lama penggunaanya apabila dipasang pompa hidrant tersebut.

Sebab, sumber titik mata air sangat dirasakan manfaatnya oleh warga setempat khususnya di tiga kampung  di Desa Citorek Tengah Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

"Alhamdulillah, selama kegiatan peninjauan ke lokasi aman dan lancar," katanya menjelaskan.

Komandan Pos Militer (Danposmil ) Lebakgedong Koramil 0305/Cipanas Sersan Mayor  Sutiyawan mengatakan TNI dan masyarakat melakukan kegiatan gotong royong pada Jumat (12/5) di Kampung Gembor Desa Ciladaeun Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak.

Kegiatan gotong royong dengan pengambilan batu  beserta Kades Lebaksitu dan masyarakat Kampung Gunungjulang .

Batu yang dikumpulkan akan digunakan untuk turap/beronjong jalan di Kampung Gunung Julang Desa Lebaksitu yabg tergerus air sehingga mengakibatkan longsor.

Kegiatan gotong royong yang melibatkan 100 orang warga setempat di antaranya tokoh masyarakat dan tokoh pemuda juga Babinsa.

Jumlah kendaraan yang digunakan kegiatan gotong royong sebanyak satu unit dump truk dan satu unit pick up.

Sementara itu, Danramil Kota Rangkasbitung Kapten Chb Agus Kurniawan mengatakan  TNI bersama Polri dan Forkopimda bertempat di Mesjid Agung Al Araf Rangkasbitung Kabupaten Lebak Jalan Abdi Negara Kecamatan Rangkasbitung  telah melaksanakan kegiatan Jumat bersih.

Karya bakti/gotong royong membersihkan jalan merupakan  rangkaian kegiatan dengan harapan sebagai gambaran satuan/instansi masing-masing dalam melaksanakan tersebut. 

Kegiatan karya bakti ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam menjaga alam dan lingkungan selain itu juga sebagai sarana mendekatkan TNI Polri dan Forkopimda Kabupaten Lebak dengan rakyat, serta upaya untuk meningkatkan semangat kegotong -royongan, yang selama ini sudah baik di masyarakat. 

"Kegiatan gotong royong itu melibatkan 120 orang dan berjalan aman serta lancar," katanya.


 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023