Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Banten menggelar kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) di kampung tematik diantaranya pelatihan memasak dan membuat produk makanan.

Kepala DP3AP2KB, Jatmiko di Tangerang Sabtu menuturkan, kegiatan PKHP ini merupakan program unggulan yang dilakukan Pemkot Tangerang dalam rangka memberikan pelatihan secara berkesinambungan untuk memberdayakan perempuan.

"Kegiatan PKHP ini telah berjalan tiga tahun terakhir di seluruh kelurahan," katanya.

Baca juga: Dinkes Tangerang sosialisasi aplikasi SiData tekan angka stunting ke 37 Puskesmas

Awalnya, kegiatan ini merupakan upaya merespon kondisi di tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda. Saat itu, banyak masyarakat yang kehilangan penghasilan, kehilangan pekerjaan, sehingga banyak yang tergolong dalam keadaan ekonomi kurang baik.

"Sehingga, lewat kegiatan PKHP ini, nantinya dapat dikembangkan menjadi salah satu bekal usaha UMKM untuk membantu ekonomi keluarga,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kegiatan PKHP ini diwujudkan dalam bentuk berbagai pelatihan yang terbilang mudah dan sederhana, salah satunya yang sedang berjalan adalah pelatihan memasak dan membuat produk-produk makanan yang bernilai ekonomis dari para profesional.

Lanjutnya, kegiatan PKHP ini secara khusus dirancang untuk menyasar kelompok masyarakat dengan memperhatikan relevansi kebutuhan, yakni kelompok masyarakat, terutama ibu-ibu, yang termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) di wilayah terkait berdasarkan sinkronisasi data dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang.

“Peserta di kegiatan ini benar-benar dapat dipastikan berasal dari kelompok masyarakat tidak mampu. Sehingga, kegiatan PKHP yang sedang berjalan ini dinilai lebih tepat sasaran, karena tidak semua bisa mendapatkan, serta hanya untuk yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya.

Ketua II PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Kota Tangerang, Yayat Sugiarti menambahkan kegiatan PKHP ini diharapkan mampu diakses dan diikuti masyarakat secara optimal, sehingga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri sendiri, serta bagian dari upaya untuk menciptakan peluang dalam meningkatkan taraf ekonomi keluarga masing-masing.

“Kegiatan PKHP ini tentunya sangat bermanfaat. Mudah-mudahan, lewat kegiatan PKHP ini, ibu-ibu bisa mengembangkan usahanya sehingga mereka mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu kebutuhan domestik keluarganya masing-masing,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023