Tangerang (Antara News) - PT Angkasa Pura II (Persero) berencana menempatkan cargo village (parkir kargo) di kawasan pintu M1 Bandara Soekarno Hatta dalam rangka pengembangan ke depan sebagai bandara internasional.

"Sudah masuk dalam desain besar pengembangan bandara Soetta ke depan," kata Manager Humas PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano saat dihubungi, Rabu.

Yado mengatakan cargo village tersebut nantinya memiliki akses melalui pintu depan bandara, sedangkan untuk akses lainnya sedangkan dibahas dalam desain.

"Desain mengenai cargo village sendiri saat ini masih belum rinci, termasuk mengenai berapa luas serta siapa yang akan mengelola," ujar dia.

Saat ini kita masih fokus untuk pekerjaan jalur kereta di kawasan gerbang M1 merupakan penghubung kota Tangerang Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta, jelas Yado.

Terkait dengan rencana cargo village tersebut, AP II berencana menggandeng mitra asing untuk proyek dengan nilai diperkirakan mencapai Rp2 triliun.

Mitra asing tersebut harus memenuhi persyaratan memiliki jaringan disejumlah negara yang menjadi rute penerbangan Indonesia.

PT AP II sampai saat ini masih terus mendalami dan mematangkan desain proyek ini sehingga informasi rinci mengenai cargo village saat ini masih bisa berubah, ujar Yado.

Termasuk dalam hal ini  apakah kargo itu nantinya terkoneksi dengan jalur kereta, sementara ini desain yang ada  jalur kereta itu untuk angkutan penumpang. 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016