Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang menyebutkan sebagian wilayah Banten berawan hujan sedang dan ringan sepanjang, Jumat.
 
"Potensi berawan hujan hanya sebagian wilayah Banten," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Tarjono saat dihubungi di Lebak, Jumat
 
Prakiraan pada pagi hari cerah berawan, namun siang hari berawan hujan dengan intensitas sedang yang terjadi di Munjul, Cikeusik, Rangkasbitung, Maja, Cimarga, Gunung Kencana, Cibeber, Bayah, Jambe, Balaraja, Cisauk, Serpong, Setu.
 
Sedangkan, intensitas curah hujan ringan di Labuan, Carita, Sumur, Pandeglang, Serang, Ciruas, Padarincang, Cimarga, Sobang, Tangerang, Pasar Kemis, Curug, Ciputat.
 
Pada malam hari potensi berawan hujan sedang di Gunung Kencana, Malingping dan hujan ringan di Cibeber, Bayah, Bojongmanik, Cileles.
 
Selanjutnya, cuaca pada dini hari berawan hujan ringan di Panimbang dan Sumur.
 
Suhu udara 23 – 33 °C, kelembapan udara 60 – 95 persen, angin dari arah Utara hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 – 35 km/jam.
 
Sementara itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini dan waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang bagian Selatan, Kabupaten Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan.
 
Selain itu juga masyarakat pesisir agar waspada potensi tinggi gelombang 2.5 – 4.0 m (Tinggi) di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudra Hindia Selatan Banten.
 
"Kami minta nelayan, wisatawan dan pelaku pelayaran agar waspada ketinggian gelombang 4.0 meter guna menghindari kecelakaan laut," katanya menjelaskan.

 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023