Masyarakat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangerang, Banten yang menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Anyar yang semrawut menjual dagangan hingga badan jalan, sehingga mengganggu akses pengendara serta pejalan kaki.

"Saya hampir setiap hari berbelanja di Pasar Anyar untuk kebutuhan warung makan. Buat saya penertiban ini keputusan yang tepat karena sudah sangat mengganggu, membuat kumuh. Yang pasti menghambat lalu lintas dan pergerakan. Karena lapak dagangan, kendaraan motor, mobil, hingga angkot semua numpuk di satu jalur ini, macet banget," kata seorang warga setempat, Dewo Winanto, di Tangerang, Selasa.

Warga lainnya, Azqiara Adha, menyampaikan terima kasih atas langkah pemkot ini.

Ia berharap, wajah baru yang lebih bersih, nyaman, dan arus lalu lintas yang lancar serta tertib di sekitar Pasar Anyar bisa segera dihadirkan.

"Terima kasih kalau saya mah, buat saya Pasar Anyar salah satu pasar legendarisnya Kota Tangerang yang harusnya memiliki wajah atau kenyamanan yang bisa lebih dari saat ini. Ya, salah satunya menyelesaikan kesemrawutan PKL di sepanjang jalan Pasar Anyar ini," katanya.

Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Pemkot Tangerang menggelar Operasi Gabungan Penertiban PKL di dua lokasi, yakni kawasan Pasar Anyar, Kecamatan Tangerang dan kawasan Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dalam keterangannya menyampaikan tujuan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan pemkot bersama jajaran serta unsur TNI dan Pori tersebut, untuk mewujudkan ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa Pemkot Tangerang ini ingin agar ketertiban dan kenyamanan dapat senantiasa terjaga untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Sebanyak 658 personel gabungan melakukan penertiban PKL di dua lokasi tersebut dengan cara humanis dan edukatif.

"Perlu untuk selalu diingat bahwa kita ini adalah pelayan dan pengayom masyarakat karenanya cara-cara humanis tetap harus selalu dikedepankan," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman yang memimpin penertiban di kawasan Pasar Sipon, mengatakan kegiatan berjalan lancar. sedangkan para pedagang dengan sukarela membongkar lapak dagangan masing-masing.

"Semoga dengan kegiatan ini ketertiban, keamanan, serta kenyamanan masyarakat dapat semakin dirasakan masyarakat," ujarnya.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023