Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan mengeringkan debit air di situ bulakan, Kecamatan Priuk.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menambahkan, penanganan banjir 2016 di wilayah barat, rencananya akan terlebih dahulu melakukan pengurangan debit air Situ Bulakan.

"Kita rencananya akan keringkan debit air Situ Bulakan, sebelum entensitas hujan meningkat sehingga dapat diantisipasi peningkatan volume air," ujarnya.
 
Dikatakannya, pengurangan debit air di situ bulakan tersebut dengan cara menyedotnya dan mengalirkan ke Kali Cirarab atau Long Storage yang telah beroperasi.

Diharapkan, wilayah Periuk yang kerap dilanda banjir saat musim hujan, dapat teratasi karena beberapa pembangunan telah usai pada akhir tahun 2015.

"Kita ajak masyarakat untuk menjaga lingkungan. Penanganan banjir harus dilakukan bersama karena membutuhkan peran serta semua pihak," ujarnya.

Sebelumnya, pembangunan Long Storage yang berfungsi sebagai saluran pembuangan yang berfungsi dalam mengatasi banjir ketika adanya limpasan air dari daerah lain mulai beroperasi sejak awal tahun.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Nana Trisyana menuturkan, Long Storage yang berfungsi sebagai saluran pembuangan untuk Kelurahan Priuk dan sekitarnya diharapkan mampu menampung limpasan air dari Kali Cirarab dan Kali Ledug sehingga bisa mengurangi beban Situ Bulakan. 

Long Storage yang panjangnya 500 meter juga akan dilengkapi dengan dua unit pompa air yang berkekuatan 100 liter/detik.

Pembangunan turap sepanjang 850 meter di Kali Cirarab juga sudah selesai. Turap dengan ketinggian 10 meter diatas permukaan laut tersebut diharapkan mampu meminimalisir dampak banjir yang diakibatkan oleh Kali Cirarab.

Kemudian pembangunan jembatan yang menjadi alternatif penghubung antara Perumahan Taman Elang dan Total Persada juga sudah bisa dimanfaatkan. 

Sehingga akses ke perumahan Total Persada yang biasanya terputus ketika banjir bisa tetap dilewati oleh kendaraan dan warga yang ingin beraktifitas.

Begitu pula Situ Cangkringan yang proyek pembangunannya merupakan bantuan Balai Besar Ciliwung Cisadane telah dinormalisasi.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016