PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama Konsorsium Forum Industri Peduli Jalan Aat Rusli pada tahun ini membantu Pemerintah Kota Cilegon untuk memperbaiki beberapa titik di Jalan Lingkar Selatan (JLS) dalam rangka persiapan arus mudik pada Lebaran 2023.

Chandra Asri terjun langsung meninjau pekerjaan perbaikan JLS, mendampingi Walikota Cilegon, Bapak Helldy Agustian, pada 9 April 2023.

Sejalan dengan salah satu inisiatif keberlanjutannya, Chandra Asri menyumbangkan cacahan sampah plastik untuk dijadikan campuran aspal yang kemudian digunakan untuk perbaikan JLS. Kontribusi tersebut menjadi upaya dalam peningkatan pengelolaan sampah plastik bernilai rendah sekaligus membantu pemerintah dalam penyediaan infrastruktur berkelanjutan bagi masyarakat. 

Seperti dijelaskan Direktur Legal, External Affairs, and Circular Economy Chandra Asri, Edi Rivai, Chandra Asri sebagai salah satu perusahaan yang berada di Kawasan Industri Cilegon, merasa perlu terlibat dan berkontribusi untuk memperbaiki Jalan Lingkar Selatan yang merupakan jalur utama menuju kawasan industri dan pariwisata. 

"Sebagai salah satu perusahaan yang berada di Kawasan Industri Cilegon, CAP merasa perlu terlibat untuk berkontribusi memperbaiki Jalan Lingkar Selatan yang merupakan jalur utama menuju kawasan industri dan pariwisata.  Terlebih pada arus mudik nanti akan digunakan sebagai jalur mudik. Dengan penambahan komponen plastik pada aspal, jalan mejadi lebih kuat dan tidak mudah retak sehingga dapat memperpanjang umur pakai jalan dan menghemat biaya pemeliharaan jalan. Ini juga merupakan wujud komitmen kami untuk menjadi mitra pertumbuhan bagi pemangku kepentingan, khususnya masyarakat, mitra industri dan pemerintah kota Cilegon, karena dengan terciptanya infrastruktur yang memadai otomatis akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah," katanya.

Melihat prospek yang terbentuk dari meningkatnya kesadaran dan ketertarikan pemangku kepentingan akan penggunaan aspal plastik, Chandra Asri telah merilis CIRCLO, brand untuk produk berkelanjutan dari olahan sampah plastik, salah satunya untuk cacahan sampah plastik yang khusus digunakan sebagai campuran aspal. 

Aspal Plastik digunakan untuk perbaikan jalan seluas 2.691 m2 yang tersebar di beberapa titik di sepanjang JLS, dan telah berhasil mengelola lebih dari 661 ribu lembar atau setara dengan mengelola 4,96 ton sampah plastik dari TPA.

Kolaborasi ini mendapat apresiasi yang baik dari Walikota Cilegon dan telah dilaporkan kepada Menteri Perhubungan dan Presiden Republik Indonesia pada kesempatan kunjungan ke Kota Cilegon dalam rangka meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak Banten.

Pemanfaatan sampah plastik low-value untuk pengaspalan jalan juga sudah dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia termasuk Depok, Garut, Semarang, dan Kudus.

Chandra Asri pertama kali menerapkan aspal plastik untuk jalan di pabriknya sendiri di tahun 2018. Sejak itu, Chandra Asri proaktif menjalin kerja sama dengan Pemerintah, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainya untuk melanjutkan program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri ini. Hingga tahun 2022, Chandra Asri dan mitra telah mengimplementasikan aspal plastik di sepanjang 78,3 km jalan, dan menuju target 100 km jalan aspal plastik di tahun 2023.
 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023