Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengungkapkan fasilitas laboratorium yang ada di 38 puskesmas dapat dimanfaatkan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni di Tangerang, Senin, mengatakan layanan laboratorium di puskesmas diantaranya hematologi, kimia klinik, bakteriologi, imunologi, dan urinologi.

"Semua ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis, jadi ayo daftarkan BPJS anda ke puskesmas di Kota Tangerang atau di puskesmas terdekat kalian, sekarang juga,” katanya.

Ia pun menjelaskan laboratorium hematologi merupakan pemeriksaan HB, hematokrit. eritrosit, leukosit, tombrosit, golongan darah, laju endap darah, BT/CT, dan hitung jenis leukosit.

Laboratorium Kimia klinik juga memeriksa glukosa, kolesterol, HDL/LDL, trigliserida, asam urat, ureum, kreatinin, SGOT, dan SGPT.

Selain itu ada Imunologi yang bisa memeriksakan anti HIV, hepatitis B, surface antigen (HbsAg), siphilis, widai, dengue, rapid antigen COVID dan PCR. Ada juga Urinologi yang dapat cek urine, glukosa urine, macroskopis urine, sedimen urine, dan tes kehamilan.

Laboratorium yang ada di puskemas juga terdapat layanan Bakteriologi yang dapat cek Bakteri Tahan Asam (BTA), Kerokan Kulit (Jamur), GO, Pewarnaan Gram dan Malaria.

"Jadi layanannya memang lengkap. Pemeriksaan semua laboratorium dilakukan oleh petugas layanan yang ahli dalam menentukan diagnosa pasien dari hasil tes. Diharapkan masyarakat dapat mengikuti anjuran petugas laboratorium dalam melakukan jenis tes dan syaratnya,” ujar Dini Anggraeni.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023