Salah satu perusahaan di Kabupaten Tangerang, Banten tengah menawarkan terobosan baru dalam pengadaan kotak suara atau bilik pemungutan suara untuk pemilihan umum (Pemilu) yang terbuat dari bahan dasar plastik.

"Menjawab berbagai tantangan terkait material kotak dan bilik suara, berbahan dasar bahan plastik yang anti air, anti jamur, rayap dan tentunya membuat keamanan surat suara menjadi lebih terjamin," kata CEO PT Alpha Gemilang Makmur, Alden Lukman, di Tangerang, Minggu.

Menurut dia, pengembangan teknologi dalam pembuatan kotak suara berbahan plastik polypropylene ini mampu bertahan dari rendaman air, jamur dan sebagainya. Sehingga bisa digunakan kembali untuk beberapa kali pemakaiannya.

Selain itu, kotak suara plastik ALVAboard ini diklaim kuat dari serangan rayap, rusak akibat terendam air karena bencana alam atau faktor ekspedisi ke pulau-pulau kecil dan terluar, hingga bebas jamur.

"Kemudian, inovasi produk ALVAboard tersebut memiliki berbagai macam karakteristik khas sebagai material plastik yang ringan dan tahan lama," katanya.

Ia menyebutkan, kotak suara ALVAboard juga tak mudah untuk dirusak dengan menggunakan tangan, sehingga dapat meminimalisir kecurangan pada surat suara Pemilu tersebut.

"Jadi bahan ini tidak mudah juga untuk di sobek menggunakan tangan, karena setiap lembarannya berbahan plastik sehingga kuat," ujar dia.

Sementara, Business Development Manager PT Apha Gemilang Makmur, Tommy menjelaskan, kotak suara yang ditawarkan pihaknya bisa bertahan 9 sampai 10 tahun lamanya, terlebih bila dengan perawatan atau penyimpanan yang baik.

"Itu artinya memang tidak perlu diragukan lagi. Jadi kelemahan kotak suara kardus atau karton yang terendam banjir sebelumnya dapat diantisipasi," tuturnya.

Kotak dan bilik suara tersebut juta bisa dilepas pasang atau dirakit. Jadi, bisa dirakit begitu sampai di lokasi TPS atau lokasi pemungutan suara.

Seperti diketahui, pada tahun depan tepatnya 14 Februari, Indonesia bakal menggelar pesta demokrasi, pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif. Salah satu yang cukup krusial dalam tahapan penyelenggaraan pemilu adalah penyediaan logistik, salah satunya adalah kotak dan bilik suara pencoblosan.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023