Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Disperindagkop UKM bersama Polres Metro Tangerang Kota, BPOM Banten, dan Balai Karantina Ikan memperketat pengawasan keamanan pangan secara terpadu selama Ramadhan.

"Intensifikasi dan pengawasan keamanan produk pangan sebagai upaya melindungi masyarakat saat membeli kebutuhan pangan yang aman dan bergizi selama Ramadhan dan Idul Fitri nantinya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang, Kamis.

Ia mengungkapkan sejauh ini tim gabungan telah melakukan pengawasan keamanan pangan terpadu di empat pasar besar yakni Pasar Anyar, Pasar Saraswati, Pasar Plaza Baru, dan Pasar Malabar.

Petugas gabungan dalam pengawasan keamanan pangan terpadu, kata dia, melakukan uji sampel dari lima kategori yaitu peternakan, perikanan, pertanian, pangan olahan dan label atau kemasan. Sedangkan parameter ujinya ialah formalin, residu pestisida, klorin, boraks, rodamin B, metanil yellow ,dan kedaluwarsa.

“Ini menjadi langkah pasti Pemkot Tangerang bersama petugas gabungan untuk menyediakan pangan yang sehat, berkualitas dan bernutrisi. Jangan sampai pangan yang masyarakat konsumsi malah menimbulkan penyakit. Selain itu jangan sampai adanya ancaman hal-hal lain yang dikaitkan dengan keracunan, maupun bahaya serta penyakit lain dikaitkan dengan fungsi pangan yang mengandung bahan berbahaya,” tegasnya.

Sebagai informasi, pengawasan pangan sepanjang Ramadhan memang menjadi salah satu fokus utama Pemkot Tangerang. Saat ini melalui Dinas Kesehatan seminggu ke depan juga tengah melakukan pengawasan kandungan pada takjil.

Selain itu DKP juga fokus melakukan pengecekan atau pengawasan pada kualitas kemasan dan kedaluwarsa, seiring meningkatnya pengiriman hampers jelang Idul Fitri.

“Ini semua harus diiringi dengan kewaspadaan masyarakat sebagai konsumen. Tidak mudah tertarik dengan makanan yang memiliki warna mencolok, harga yang miring, atau tidak teliti dalam berbelanja produk kemasan,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023