Serang (Antara News) - Tips berikut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) terutama ketika menghadapi kebutuhan yang mendadak dan mendesak serta membutuhkan dana cepat, seperti biaya berobat ke rumah sakit, anak masuk sekolah, dan kebutuhan mendesak lainnya.

Menghadapi kebutuhan, kita terkadang melakukan beberapa cara untuk mendapatkan dana atau menutupi kekurangan dana yang sudah tersedia namun masih kurang, diantaranya mencari pinjaman uang.

Pinjaman uang dapat digolongkan menjadi 2 macam, yakni:
1. Pinjaman tanpa jaminan KTA, yaitu pinjaman yang tidak membutuhkan aset sebagai jaminan.
2. Pinjaman dengan jaminan mobil atau rumah yaitu pinjaman dengan menggunakan aset yang dimiliki sebagai jaminan, misal: sertifikat tanah, sertifikat rumah dan surat kendaraan bermotor (BPKB motor atau mobil).

BPKB merupakan buku yang diterbitkan Satuan Lalu Lintas POLRI, yang dikeluarkan sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor, diberikan bersamaan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Keunggulan BPKB adalah sulit dipalsukan, untuk menghindari BPKB palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dalam BPKB baru terdapat nomor KTP pemilik yang masih berlaku. Terdapat pula kolom pengisian ganti nomor polisi untuk balik nama dan mutasi maksimal 3 lembar. Jika lembar habis pemilik wajib mengganti dengan BPKB baru.

Mencari pinjaman menggunakan BPKB sebagai jaminan merupakan jenis pinjaman yang sangat popular di masyarakat. Dengan persyaratan mudah dan proses cepat, membuat masyarakat yang membutuhkan dana tunai mendesak menjadikan BPKB motor atau mobil sebagai alat “barter” demi mendapatkan dana segar. Tidak perlu menunggu lama, jika disetujui dalam hitungan jam pinjaman dana langsung cair.

Kata “sekolahkan BPKB” sudah menjadi kata yang dapat memecahkan masalah kekurangan dana. Lalu bagaimana persyaratan dan tips untuk mendapatkan pinjaman tersebut? Berikut ini adalah persyaratan dan tips mendapatkan pinjaman dengan jaminan BPKB motor atau mobil.

Anda harus bersikap bijaksana dan hati-hati sebelum memutuskan mengajukan pinjaman dana dengan menggunakan BPKB motor atau mobil sebagai jaminan. Banyak orang yang mempunyai niat jahat dengan berpura-pura membantu mencari pinjaman dana, namun justru membawa kabur atau memalsukan BPKB.

Jangan salah memilih lembaga yang meminjamkan dana, jika salah memilih bisa berakibat fatal terjadi penyitaan kendaraan sesuai BPKB yang dijadikan jaminan. Pilihlah lembaga yang kredibilitasnya sudah terjamin dan terdaftar di Bank Indonesia atau OJK. Jangan sampai salah pilih yang berakibat fatal, seperti dikejar-kejar debt collector, di black list bank atau sita kendaraan.

Sesuai jaminan Fidusia, jika peminjam dana mengingkari perjanjian dengan pemberi dana, maka pemberi dana berhak menyita motor atau mobil yang dijadikan jaminan untuk dilelang.

Meminjam dana dengan menggunakan BPKB sebagai jaminan memang memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda, terutama pencairan dana yang cepat. Proses pengajuan pinjaman maksimal 2-3 hari untuk pengecekan apakah BPKB asli atau tidak untuk persetujuan. Jika setuju dana dapat langsung diambil dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Pengambilan BPKB juga relatif mudah jika pinjaman sudah lunas.

Ada beberapa tips yang dapat digunakan ketika menggunakan BPKB motor atau mobil sebagai jaminan:
1. Carilah informasi dengan teliti, caranya bisa datang langsung ke kantor lembaga yang menawarkan pinjaman atau lewat online,
2. Agar lebih meyakinkan, cari tahu secara detail latar belakang lembaga yang menawarkan pinjaman, jangan sampai salah pilih lembaga,
3. Hindari penawaran untuk menjemput dokumen kerumah, takutnya dokumen Anda disalahgunakan, sebaiknya antar sendiri dokumen tersebut ke lembaga yang menawarkan pinjaman demi keamanan,
4. Teliti proses penghitungan dan pembayaran secara transparan dan teliti, agar tidak terjadi salah hitung,
5. Tanyakan waktu jatuh tempo dan jumlah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya, untuk menghindari telat bayar angsuran,
6. Jangan pernah transfer ke rekening pribadi, untuk menghindari penipuan selalu transfer ke rekening lembaga yang memberikan pinjaman,
7. Segera datang ke lembaga yang memberikan pinjaman untuk meminta kuitansi setelah membayar angsuran, untuk menghindari perselisihan penghitungan angsuran.

Demikian beberapa tips mendapatkan pinjaman dengan jaminan BPKB motor atau mobil dari situs keuangan terkemuka cermati.com.

Pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau motor memang menjadi solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan dana cepat dengan proses mudah. Lembaga yang menawarkan pinjaman tersebar dimana-mana, sehingga memudahkan
untuk mendapatkan pinjaman.



Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015