Tangsel (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno berharap proses Pilkada serentak di Tangerang Selatan bisa menjadi percontohan proses demokrasi lokal bagi negara lain yang ikut memantau jalannya pemungutan suara di Tangsel.

"Kita berharap di Banten khususnya di Tangsel ini bisa menjadi contoh pesta demokrasi yang baik dan bermanfaat," kata Gubernur Rano Karno usai memantau pemungutan suara di sejumlah TPS di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Rabu.

Menurut dia, para pemantau dari KPU sejumlah negara tersebut memantau langsung proses pelaksanaan pemungutan suara, mulai pengambilan sumpah para petugas KPPS sampai pemungutan suara yang dilakukan oleh pemilih.

"Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat untuk bekerja dan bisa bermanfaat bagi demokrasi kita yang akan datang," katanya.

Komisioner KPU Pusat Arif Budiman mengatakan, kedatangan para delegasi dari KPU negara sahabat tersebut, tujuannya untuk bertukar pengalaman, informasi dan pengetahuan di antara penyelenggara pemilu yakni KPU dan pemantau pemilu baik dalam maupun luar negeri. 

"Nanti kami akan melakukan evaluasi atas hasil observasi pada pelaksanaan Pilkada serentak ini. Semoga kegiatan ini memberi manfaar bukan hanya bagi kami sebagai penyelenggara pemilu, tetapi bagi beberapa negara," kata Arief Budiman.

Gubernur Banten Rano Karno bersama jajaran KPU Pusat dan sejumlah delegasi negara asing memantau langsung pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Tangerang Selatan.

Rano Karno bersama perwakilan lembaga pemilihan umum dan kedutaan negara sahabat memantau sejumlah TPS termasuk lima TPS di sekitar bangunan SMP 11 Kota Tangsel, di Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Tangsel.

Hadir juga mendampingi Gubernur Banten Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Kepala Kesbangpol Banten Rusdjiman, Asda 1 Anwar Mas'ud dan beberapa pejabat dilingkungan Pemprov Banten.

"Hasil pemantauan kami di beberapa TPS di Tangsel ini pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, partispasi pemilih juga cukup baik. Semua unsur penyelenggara pilkada dan instansi terkait sudah baik, TNI dan Polri mengamankan secara maksimal," kata Gubernur usai memantau di TPS 12 Cilenggang Serpong.

Menurut dia, di Banten ada 4 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, yaitu Kota Tangsel, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Pihaknyapun sudah menurunkan beberapa tim untuk memantau pelaksanaan di empat daerah tersebut.

"Berdasarkan laporan terakhir, semua berjalan denga baik. Paling penting yang kita harapkan adalah keamanan dalam proses pilkada ini," katanya.

Ia juga berharap partisipasi pemilih di empat daerah di Banten yang melaksanakan Pilkada serentak bisa di atas 50 persen dan meningkat dibandingkan pemilihan-pemilihan sebelumnya.

Komisioner KPU Pusat Ferry Rizki Kurniansyah menyebutkan, ada beberapa negara yang melakukan studi banding di Tangsel, di antaranya Malaysia, Palestina, Srilangka, Australia, Laos, Vietnam dan Iran.

  "Ini bagian dari 'election visit program' dan sharing informasi terkait pilkada. Tujuannya untuk saling tukar informasi pengalaman dan studi banding dari lembaga pemilihan umum sejumlah negara asing," kata Ferry .

 Salah seorang perwakilan Komisioner Lembaga Pemilihan Raya Malaysia Datuk Yusuf mengatakan proses pemungutan suara di Tangerang Selatan berjalan baik, lancar dan aman. Pelaksanaan pemungutan suara di Tangsel tersebut hampir sama dengan yang dilaksanakan di Malaysia termasuk penjagaan keamanan di sekitar TPS.

 "Bedanya di Malaysia tidak ada pemilihan di daerah, semua di pusat. Kemudian, tinta pemilu di Malaysia dicelupkan sebelum pencoblosan serta kabanyakan TPS di gedung-gedung sekolah," kata Datuk Yusuf.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015