Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengatakan keberadaan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) sistem 'online' memudahkan masyarakat untuk melakukan perpanjangan SIM.

"Sistem SIM 'Online' ini sangat bagus karena tidak mempersulit masyarakat yang hendak memperpanjang SIM dimanapun mereka berada," kata Rano Karno usai menghadiri 'launching' program SIM 'online' yang diselenggarakan Polda Banten di Alun-alun Barat Kota Serang, Minggu.

Ia mencontohkan masyarakat yang dari Papua misalnya sedang berada di Surabaya, kemudian ingin memperpanjang SIM, tidak perlu harus kembali ke Papua, karena di Surabaya pun bisa dilakukan.

Ia juga mengatakan, dengan diterapkannya perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara 'online' juga tidak akan mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Banten. Hal tersebut karena dalam sistem ini hanya mempermudah proses bagi masyarakat saja, sedangkan aturan selebihnya sama.

"Tidak ada pengaruhnya, PAD tidak akan berkurang dari sektor ini, karena sudah ada plotnya," kata Rano Karno.

Sementara itu Kapolda Banten Brigjen Boy Rafli Amar mengatakan biaya perpanjangan SIM 'online' tersebut sama seperti dengan sistem tidak online. Kemudian untuk mendapatkan cetak SIM baru yang aktif, masyarakat bisa mendatangi kantor pelayanan SIM terdekat di lokasi masyarakat berada.

"Tidak ada biaya lebih, dimanapun masyarakat berada, datang saja ke kantor pelayanan SIM terdekat. Lalu serahkan SIM lamanya," kata Boy.

Boy Rafli menambahkan, untuk sementara ini SIM online baru berlaku untuk perpanjangan masa aktif saja. Sementara untuk pembuatan SIM baru, harus mendatangi kantor pelayanan karena harus melalui tes terlebih dahulu. 

"Kalau membuat SIM baru tetap ke kantor," katanya.

Secara nasional Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaunching program Surat Izin Mengemudi (SIM) Online, launching ini dilakukan di seluruh Provinsi di Indonesia dan terintegrasi dengan laporan langsung melalui video. 

'Launching' program tersebut secara nasional, dilakukan di Jakarta dan dilaunching oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi. Sedangkan di Banten, dilakukan secara bersamaan oleh Gubernur Banten Rano Karno, dan Kapolda Banten Brigjen Boy Rafli Amar di alun-alun Barat Serang.

"Dalam sambutannya, Menpan RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, dengan program SIM online ini bisa membuat sistem pelayanan lebih transparan dan lebih akuntabilitas. 

"Ini merupakan salah satu bentuk upaya pelayanan yang lebih optimal dari Kepolisian. Dengan sistem ini masyarakat akan lebih mudah untuk melakukan perpanjangan SIM," kata Yuddy. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015