PT Mowilex Indonesia, Selasa (21/03), meresmikan Pabrik Mowilex Cikande yang berada di Kawasan Industri Modern Cikande Industrial Estate tepatnya di Jalan Utama Modern Industri BA/07, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten. 

Peresmian dihadiri langsung Deputi Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi pada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Nurul Ichwan, Direktur PT Mowilex Indonesia Novina Tjahjadi, dan Direktur Marketing PT Mowilex Indonesia Anna Yesito Wibowo.

Diresmikan nya pabrik baru ini, dilakukan PT Mowilex Indonesia dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi yang lebih besar. Seiring semakin meningkatnya pangsa pasar cat di Indonesia setiap tahunnya. 

Untuk itu pada tahun 2019, Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd bersama PT Mowilex Indonesia melangsungkan pembangunan pabrik baru di kawasan industri Cikande, Kabupaten Serang, di atas lahan seluas 6 hektar. 

PT Mowilex Indonesia adalah produsen cat dengan bahan dasar air pertama di Indonesia sejak tahun 1970. Dimana selain telah memproduksi cat interior dan eksterior, Mowilex Indonesia juga memproduksi varnish kayu berbahan dasar air serta permukaan lain, seperti besi dan semen fiber dan juga bahan bangunan.

"Mowilex adalah manufaktur cat dan pelapis pertama di Indonesia yang memegang sertifikasi Netral karbon sejak tahun 2019 hingga hari ini. Atas komitmen PT Mowilex terhadap lingkungan, kami mendesain pabrik Cikande dengan arsitektur yang mendukung dalam menurunkan konsumsi karbon. Catatan tak tertandingi dalam hal keamanan produk. Tidak ada cat yang memiliki klaim selama 18 tahun. Selain itu, produk kami tidak mengandung timbal dan sudah nol karbon sejak 2019 lalu sehingga aman dan ramah lingkungan," kata Novina.

Dengan berdirinya pabrik di Kabupaten Serang, Mowilex Indonesia berharap dapat lebih dekat menjangkau konsumen, dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Deputi Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi pada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Nurul Ichwan juga mengapresiasi PT Mowilex Indonesia yang sudah mendirikan pabrik cat yang ramah lingkungan.

"Kami sangat mengapresiasi berdirinya industri cat yang ramah lingkungan. Karena saat ini masih banyak pabrik tanpa memperhatikan kondisi lingkungan nya," katanya.

Nurul Ichwan juga berharap investasi yang dibangun dapat berdampak pada penyerapan tenaga kerja lokal, tetapi juga berkembangnya perekonomian pelaku usaha menengah di lingkungan sekitar. 

"Saya berharap Mowilex berkontribusi dan bisa bekerjasama dengan usaha kecil menengah dari wilayah Banten. Jadi jangan sampai nanti kerjasamanya dengan pelaku usaha kecil menengah dari wilayah luar Banten. Kami tidak akan memberikan izin impor bahan baku masuk kalau kerjasama dengan pelaku usaha kecil menengah di daerah belum terlaksana," kata Ichwan.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023