Kantor Bahasa Provinsi Banten mengapresiasi partisipasi 14 ilustrator dan 42 penulis dalam kegiatan penyusunan storyboard buku cerita dwibahasa yang diadakan di Hotel Puri  Kayana, Kota Serang, Banten. 

Kegiatan yang dibuka Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda pada Senin (20/3/2023) tersebut dimaksudkan mempertemukan para ilustrator dan penulis untuk menyusun storyboard buku cerita dwibahasa yang bertema kebudayaan di Provinsi Banten. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Bahasa Asep Juanda menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas partisipasi 14 ilustrator dan 42 penulis yang hadir pada acara tersebut. 

Imtiazul Urfa Ramadhan selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan kepada peserta kegiatan, khususnya  ilustrator, agar memerhatikan kesesuaian ilustrasi dengan target pembaca. 

Dalam pemaparannya Imtiazul juga berbagi informasi terkait kiat-kiat atau hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat ilustrasi agar hasilnya menarik.

Kegiatan penyusunan storyboard buku cerita dwibahasa merupakan tahapan ketiga dari kegiatan Pelaksanaan Penerjemahan tahun 2023. 

Tahap pertama adalah koordinasi antarinstansi ke delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten yang telah dilaksanakan pada 14 Februari hingga 10 Maret 2023. 

Sedangkan tahap kedua adalah seleksi ilustrator dan penulis yang dilakukan sejak Januari hingga Maret 2023.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan dan pembacaan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara para ilustrator, penulis, dan Kantor Bahasa Provinsi Banten. Dilanjutkan dengan penandatanganan PKS dan surat pernyataan keaslian karya dari para penulis cerita. 

Penyusunan storyboard dilakukan selama kurang lebih empat jam dalam suasana diskusi yang hangat antar ilustrator dan penulis. Acara ditutup pada pukul 16.00 WIB.

Sementara itu Anitawati Bachtiar selaku panitia menjelaskan, selama tiga pekan ke depan akan dilakukan pemantauan terhadap perkembangan pembuatan storyboard lanjutan melalui rapat virtual antara ilustrator, penulis dan tim Kantor Bahasa Provinsi Banten.  

"Kami berharap 42 buku cerita dwibahasa bertema kebudayaan Banten dapat diluncurkan pada Puncak Bulan Bahasa dan Sastra  Oktober 2023 mendatang," ujar Anitawati.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023