Serang (Antara News) - Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten menggelar 'Banten! Beach Festival (BBF) di Pantai Tawing Kecamatan Cinangka Anyer, di Serang, Jumat.

Banten Beach Festival dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya, didampingi Gubernur Banten Rano Karno, pejabat Bupati Serang Hudaya, pejabat di lingkungan SKPD Provinsi Banten, peserta festival layang-layang serta ratusan masyarakat sekitar pantai Tawing Cinangka.

Kepala Disbudpar Banten M Ali Fadillah mengatakan, kegiatan BBF tersebut merupakan salah satu 'event' unggulan pariwisata Provinsi Banten yang telah menjadi agenda tahunan dan merupakan salah satu 'calendar of event' yang telah di launching Menteri pariwisata bersama Gubernur Banten  di Balairung Soesilo Soedarman beberapa waktu lalu. Tahun 2015 ini merupakan pelaksanaan BBP yang ke 7, bertepatan dengan ulang tahun Provinsi Banten yang ke 15. 

"Ada 12 item kegiatan dalam Banten Beach Festival ini. Satu diantaranya festival layang-layang yang diikuti peserta dari sejumlah negara," kata Ali Fadillah.

Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, Pemprov Banten terus berupaya untuk menunjang infrastruktur menuju pariwisata di Banten. Karena saat ini pemerintah pusat pun telah menargetkan satu juta kunjungan ke Banten selama lima tahun ke depan.
 
"Pemerintah menargetkan satu juta wisatawan ke Banten itu karena percaya pada kita dan Banten memiliki potensi besar. Untuk itu upaya terus dilakukan salah satunya dengan menggelar festival seperti Banten Beach Festival seperti ini," katanya.

Menurut Gubernur, usulan pembangunan infrastruktur menuju kawasan wisata yang disampaikan Menteri Pariwisata menjadi perhatiannya karena seiring dengan kebijakan nasional tahun 2015, bahwa pariwisata telah ditetapkan menjadi ‘top five’ lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional.
  
"Dalam waktu dekat tol Serang-Panimbang akan segera dibangun oleh pemerintah. Ini akan menjadi modal besar untuk membangun pariwisata Banten," kata Rano Karno.

Menurutnya, dalam membangun pariwisata, Banten percaya diri karena berbagai potensi ada di Banten, ibarat toko, Banten serba ada yang menyediakan produk yang beragam, alam, satwa langka ‘Rhino’, budayanya, sejarah, religi, komunitas adat, wisata belanja, bahkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung menjadi potensi pariwisata yang sangat luar biasa.
  
Saat membuka kegiatan tersebut, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, berjanji akan mempromosikan tiga agenda pariwisata unggulan di Provinsi Banten secara nasional dan dunia. 
‎ 
Menurut Menpar Arief Yahya, upaya tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap kemajuan pariwisata di Banten.

"Banten Beach Festival acaranya bagus, menarik. Ada tiga agenda yang akan kita dukung dengan mempromosikan secara nasional. Satu agenda Banten Beach Festival merupakan salah satu event unggulan tahunan dan merupakan salah satu “Calendar of Event Kementerian Pariwisata, ada juga Festival Tanjung Lesung, satu laginya silahkan diajukan oleh Pemprov Banten, nanti kita bantu promosikan secara nasional dan international” kata Arif didampingi Gubernur Banten Rano Karno.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015