Lebak (Antara News) - Harmonisasi hubungan antar umat beragama di Provinsi Banten hingga kini kondusif dan damai juga belum pernah terjadi perpecahan.

"Kita terus menjalin silatuhrahmi dan dialog antarumat beragama secara berkelanjutan," kata Kasubag Kerukunan Umat Beragama dan Hukum Kementerian Agama Provinsi Banten Damanhuri di Lebak, Selasa.

Selama ini, lembaga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Banten telah berjalan dengan baik, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Selain itu juga kegiatan dialog dilakukan setiap bulan di masing-masing daerah relatif baik.

Mereka para tokoh agama dari Islam, Kristen, Hindu, Katolik dan Konghucu menjalin kebersamaan tanpa terjadi gesekan maupun perpecahan. Agama mengajarkan kebaikan, kasih sayang dan memperat persaudaran. Islam sebagai agama mayoritas tentu menjadi pelindung umat minoritas.

"Kita terus mengoptimalkan persaudaran dan saling menghargai juga kasih sayang tanpa kecurigaan dan dendam serta kebencian," ujar Damanhuri.
 
Menurut dia, selama ini wilayah Provinsi Banten relatif aman dan damai tidak terjadi kerusuhan etnis, agama maupun suku. Sebab masyarakat Banten cukup religius juga memiliki karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. 
Ia menjamin wilayah Banten hingga kini aman dan kondusif juga mencintai antarsesama umat beragama.

"Kami melestarikan nilai-nilai agama, budaya untuk memperkuat persaudaran dan kesatuan bangsa," katanya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lebak Encep Saprudin Muhyi mengatakan kerukunan umat beragama di daerah ini sangat baik dan kondusif dan tidak ada perbedaan masalah tentang keyakinan yang dianut masyarakat.
  
Selama ini, hubungan antarumat beragama dipertahankan sehingga tidak terjadi tindakan kekerasan atau ancaman perpecahan.
  
Kementerian Agama terus mengintensifkan pembinaan kepada semua agama yang dianut masyarakat Kabupaten Lebak, katanya.
  
Pembinaan tersebut untuk menjalin hubungan yang lebih baik juga harmonisasi antarumat beragama.

"Selama ini hubungan umat Islam dengan penganut agama lain sangat baik dan saling menghargai keyakinan," katanya.

Ia juga menyebutkan, pihaknya kerap kali ada dialog maupun pertemuan dengan para tokoh agama dan masyarakat untuk menjalin harmonisasi antarumat beragama.

"Dengan pertemuan bersama tokoh agama, agar kerukunan antarumat beragama tetap terjalin dengan baik," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015