Serang (Antara News) - Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten meminta Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) setempat bisa membantu dalam meminimalisir penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda.

Ketua MUI Banten KH AM Romly di Serang, Selasa, mengatakan kehadiran MPII diharapkan bisa menekan masalah penyalahgunaan narkoba khususnya di kalangan pemuda. Organisasi tersebut merupakan organisasi yang mewadahi pemuda baik dari berbagai ormas Islam maupun pemuda pada umumnya.

"Memang kewenangan dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba adalah kepolisian dan BNN. Namun demikian, peran organisasi pemuda seperti MPII juga dibutuhkan untuk membantu mengatasi masalah narkoba yang sudah sangat memprihatinkan," kata KH AM Romly usai pengukuhan MPII di Kampus IAIN Maulana Hasanuddin Banten.

Ia mengatakan, selama ini data riil yang mengetahui jumlah penyalahgunaan narkoba di Banten khususnya ada di BNN. Namun demikian, masyarakat umum juga sudah mengetahui permasalahan tersebut, sehingga membutuhkan peran semua pihak untuk mencegahnya.

Menurut Romly, selain persoalan penyalahgunaan narkoba, MPII juga diharapkan bisa memberikan pencerahan dan pemahaman terkait wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air. 

"Wawasan kebangsaan harus dimiliki oleh para pemuda agar kecintaan terhadap tanah air semakin kuat," kata Romly.

Sementara itu, Ketua MPII Banten Ucuy Masyhuri mengatakan, prioritas program yang segera dilaksanakan dan menjadi prioritas salah satunya mengenai pencegahan dan menekan tingkat penyalahgunaan narkoba melalui sosialisasi bahaya narkoba bagi kalangan pemuda.

"Pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda akan menjadi konsen dalam program kami. Mudah-mudahan bisa membantu pihak lain dalam pencegahan narkoba," kata Ucuy.

Ia mengatakan secara teknis, program-program maupun prioritas MPII akan dilakukan dengan metode pendekatan langsung kepada para pemuda. 
 
"Kita akan menyasar pada sekolah-sekolah maupun pondok pesantren, agar target-target dan program kerja nanti bisa tercapai," kata Ucuy.

Menurut dia, komposisi pengurus dalam MPII Banten bukan hanya pemuda yang berasal dari satu ormas Islam atau berasal satu golongan tertentu. Namun berasal dari berbagai ormas-ormas Islam yang ada di Provinsi Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015