DPD Partai Golkar Banten pada Pemilu 2024 ditarget untuk mengembalikan kursi DPRD Banten yang pernah dimiliki namun 'hilang' atau lepas pada Pemilu Legislatif atau Pileg 2019 lalu.

“Mekanismenya kami sekarang di Golkar adalah dengan menjaring fungsionaris untuk maju menjadi caleg di pileg dan berikutnya cakada (calon kepala daerah) di pilkada,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa I DPP Golkar Andika Hazrumy di Serang, Selasa.

Baca juga: Partai Gelora resmi deklarasi Capres Anis Matta, Cawapres Fahri Hamzah

Diungkapkan Andika, sejak awal Partai Golkar dari tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten dan kota sudah melakukan konsolidasi di setiap tingkatan kepengurusan tersebut terkait dengan target-target pemenangan pada Pemilu 2024.

Mantan Wakil Gubernur Banten tersebut mengatakan, saat ini proses persiapan Pemilu 2024 di Partai Golkar sudah memasuki tahapan pendidikan politik kepada semua fungsionaris Partai Golkar yang sudah mendapatkan penugasan untuk bertarung di Pemilu 2024, khususnya di Pileg.

“Kita sedang godok fungsionaris di semua tingkatan, sehingga nanti kelihatan peta politik menuju kemenangannya bagaimana,” kata Andika   yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Banten usai menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau PASI Provinsi Banten yang diketuai Adde Rosi Khoerunnisa.

Andika mengatakan, DPP Golkar menginstruksikan semua kekuatan Golkar dari pusat hingga provinsi dan kabupaten dan kota untuk memenangkan pileg. DPP memberikan perintah pada  DPD Golkar Banten adalah minimalnya mengembalikan kursi DPRD Banten yang hilang atau lepas pada Pemilu 2019 lalu.

Andika menyebutkan, di Dapil Tangerang A dan B pada Pemilu 2019 lalu Golkar Banten kehilangan masing-masing 1 kursi dari perolehan sebelumnya yang masing-masing sebanyak 2 kursi. Selain itu, di Dapil Cilegon, Golkar Banten juga kehilangan 1 kursi dari 2 kepemilikan kursi di DPRD banten sebelumnya.

Menurut Andika, prinsipnya sebagai kader, semua kader Golkar yang mendapat penugasan dari partai, baik di pileg maupun pilkada termasuk dirinya dipastikan patuh pada keputusan partai. 

Di sisi lain, Andika meyakinkan kepada semua kader dan pengurus Partai Golkar dimana pun bahwa partai telah melakukan berbagai pertimbangan dan analisa yang matang sebelum memutuskan memberikan penugasan kepada kader-nya untuk maju di perhelatan pemilu.

“Target-nya Golkar menang Pemilu 2024, partai telah mempertimbangkan dengan matang” kata Andika.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023