Jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HKBN) tahun 2023, harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisonal Kabupaten Lebak dan Pandeglang, Banten masih normal. Hal tersebut juga disebabkan adanya kesiapan Bulog dalam melayani pesanan paket sembako baik itu instansi pemerintah maupun swasta atau perorangan.

"Kita pantau, seperti harga Terigu Kita yang terlihat normal, tidak ada lonjakan," kata Kepala Cabang Perusahaan Umum (Perum) Cabang Lebak - Pandeglang, Umar Said Senin (27/2/2023).

Lebih lanjut kata Umar, Bulog juga kerap rutin melakukan kegiatan operasi Pasar di Pandeglang. Tujuannya untuk memastikan harga di Pasaran agar tetap stabil dan dijangkau oleh masyarakat.

"Kalau untuk harga Terigu Kita 12.000 perkilo gram, operasi pasar dilakukan setiap hari selasa di Pandeglang," ucap Umar Said.

Kewajaran harga bahan pokok di pasar ini diharapkan terus bertahan hingga Hari Besar Keagamaan dan Nasional. Kata Umar, Kalau terjadi peningkatan pembelian hal biasa di HKBN selama stok barang tersedia, pasti harga normal.

"Untuk stok tepung terigu masih aman, ada 11 ton di Bulog Lebak - Pandeglang," tutur Umar.

Sebelumnya juga, Direktur Keuangan Perum Bulog Bagya Mulyanto menyampaikan bahwa stok pangan khususnya komoditi tepung terigu 435 ton. Sementara itu, untuk beras secara nasional per Februari 2023, mencapai 460 ton.

"Terigu 435 ton, sementara stok beras kami saat ini secara nasional ada 460 ribu ton per hari ini. Ini Insya Allah bisa kita gunakan untuk mengintervensi pasar dengan cara kita menjual langsung kepada para pengecer," kata Bagya di Kendari, Selasa (21/2). (Jum)

Pewarta: Moh. Jumri

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023